Minggu, 25 Oktober 2020

SINYAL TEST PATTERN GENERATOR

 


















39 komentar:

  1. Nama Andi Muhammad Fajar Fatahillah
    Kelas D3 TT 3A
    NIM 1731130126

    Saya akan memberikan komentar pada video keempat yang berisikan tentang cara pengujian RT dengan menggunakan generator sinyal. Hal pertama yang harus dilakukan adalah di bagian penyambungan pada setiap komponen yang akan digunakan, pada generator sinyal setidaknya menggunakan 3 kanal yang digunakan untuk vertical sync pulse,horizontal sync pulse dan video drive. Setelah itu untuk menyambungkannya diperlukan resistif mixer untuk menggabungkan ketiga kanal sinyal agar berubah menjadi composite sinyal video,dikarenakan RT monitor hanya dapat menerima sinyal video composite (di video ditunjukkan skematik pemasangan sinyal generator dan crt monitor).

    Pada skematik hal utama pada bagian input adalah preset kontras dan brightness untuk membaca sinyal luminansi yang ada pada sinyal video drive jika tidak ada komponen tersebut maka input tidak akan bisa terbaca oleh monitor CRT. Setelah itu diperlukan pemasangan resistor pada bagian input untuk menghindari kerusakan pada komponen lain yang diakibatkan daya dari sinyal input. Untuk level sinyal pada dasarnya cukup dengan 1 V peak to peak pada 2 kanal sych pulse.

    Pada saat menyalakan kanal yang sudah disambung pada CRT monitor akan tertera gainyang didapatkan, jika arus yang didapat mencapai 400 miliamps maka penyambungan yang dilakukan sudah benar, namun jika salah arus yang didapat hanya mencapai 1 atau 2 miliamp saja. Pada video untuk nilai frekuensi masing masing kanal antara lain:
    a. Horizontal synch pulse = 16.2kHz
    b. Vertical synch pulse = 50Hz
    c. Video Input =

    Untuk masukkan pada sinyal video input diperlukan 5vpp agar CRT dapat menampilkan sinyalnya. Setelah itu akan muncul sinyal pada layar monitor, Pada layar akan tertangkap laju sinyal input dan juga bayangan hitam sweeping dari kiri ke kanan, bayangan hitam tersebut disebabkan oleh elektron beam menemukan bagian yang kosong dan ketika tidak ditindaklanjuti maka bayangan hitam atau retrace line yang dibentuk oleh elektron beam akan terlihat di monitor. Selanjutnya untuk mendapatkan sinyal yang berbeda beda hanya diperlukan pengaturan dari nilai frekuensi pada masing masing synch pulse dari sinyal generator tersebut.









    BalasHapus
  2. Nama: Berlian Mei Hartadi
    Kelas : TT 3A
    Nim : 1831130085
    Pattern Generator adalah alat ukur elektronik yang dapat menghasilkan pola (pattern) warna yang berguna dalam memproduksi/memperbaiki pesawat penerima televisi atau perangkat video tape recorders, sistem sirkit televisi tertutup (Closed Circuit Television Systems/CCTV) serta video monitor komputer. Gambar 52 memperlihatkan salah satu bentuk Pattern Generator yang dimaksud.
    Satu campuran sinyal gambar (composite video signal) bisa jadi digunakan sebagai input yang disuntikkan ke titik uji (test point) perangkat video yang tidak menggunakan frekuensi seperti monitor gambar, penguat pembagi gambar (video distribution amplifier), perangkat pemroses sinyal dan lain-lain.

    Suatu campuran sinyal gambar bisa jadi hanya disuntikkan ke titik uji pada pesawat penerima televisi setelah rangkaian detektor video, hanya disuntikkan pada video tape recorders atau perangkat lainnya.

    Kesimpulan
    Informasi warna adalah campuran dari sebuah sinyal gambar yang terdiri dari tiga elemen yaitu : warna, kuat cahaya (luminance), dan titik jenuh (saturation).
    Kuat cahaya atau kecerahan cahaya (brightness) yang ditangkap oleh mata sebenarnya adalah amplitudo dari sinyal gambar.
    Kuning adalah warna cerah dan memiliki kuat cahaya pada level tinggi yang hampir mendekati kuat cahaya warna putih.
    Elemen warna dibagi dalam beberapa warna-warna, seperti merah, biru, hijau, dan lain-lain.
    Sudut fasa dari 3,58 Mhz sebagai pembawa pengganti (subcarrier) warna menentukan warna.
    Pergeseran fasa sampai 3600 akan menghasilkan warna-warna seperti warna pelangi.
    Titik jenuh (saturation) tidak menghidupkan satu warnapun, yang menentukan jumlah warna yang dapat dihasilkan adalah cahaya putih.
    Titik jenuh 100% adalah warna yang tidak ditambahkan dengan warna putih.
    Informasi dari titik jenuh berisikan amplitudo dengan frekuensi sebesar 3,58 MHz.
    Kombinasi dari warna dan titik jenuh disebut chroma.
    Titik jenuh ditandai dengan vektor yang memanjang, dan warna ditandai dengan sudut fasa dari vektor.
    Pengukuran dengan Vectorscope sangat membantu dalam menganalisa gangguan melalui pola warna yang ditampilkan oleh tabung gambar.
    RF Output dari Pattern Generator ini dapat digunakan untuk menguji penerima televisi (TV Receiver)
    I-F Output dari Pattern Generator ini dapat disuntikkan ke dalam bagian IF dari penerima televisi (television receiver) , perekam gambar (video tapes recorders) atau produk video lainnya yang menggunakan frekuensi tengah (IF Frequency) sebesar 45,75 MHz.
    Satu campuran sinyal gambar (composite video signal) bisa jadi digunakan sebagai input yang disuntikkan ke titik uji (test point) perangkat video yang tidak menggunakan frekuensi seperti monitor gambar, penguat pembagi gambar (video distribution amplifier), perangkat pemroses sinyal dan lain-lain.

    BalasHapus
  3. Nama : Ayu Vandani W
    Kelas : D3-TT/3A
    Nim : 1831130090
    Pattern Generator adalah alat ukur elektronik yang dapat menghasilkan pola (pattern) warna yang berguna dalam memproduksi/memperbaiki pesawat penerima televisi atau perangkat video tape recorders, sistem sirkit televisi tertutup (Closed Circuit Television Systems/CCTV) serta video monitor komputer.
    Berikut ini adalah bagian beserta fungsinya : Power Indicator. Jika Pattern Generator dihidupkan, LED atau lampu indikator akan menyala. Saklar Power ON-OFF. Saklar untuk menghidupkan dan mematikan Pattern Generator
    Saklar Pilih RGB TTL/LOW/RGB output level. Ketika saklar ini dalam kondisi bebas (posisi “LOW”) sebuah logika positip senilai 0,8 Volt berada pada jack output RGB. Ketika saklar sedang dipakai (posisi TTL) pulsa berada pada level TTL. Saklar ini juga digunakan untuk mengamati pola warna yang terpusat.
    Saklar CONVERGENCE. Digunakan untuk memilih salah satu pola yang terpusat, jika
    Saklar “LINE” yang dipakai.Satu garis vertikal dan horisontal saling berpotongan di tengah-tengah layar.Saklar “LINE dan 7 x 11” yang dipakai. Pada layar akan tampil 7 garis horisontal dan 11 garis vertikal. Saklar “DOT” yang dipakai.Di tengah-tengah layar akan tampil sebuah titik (dot) Saklar “DOT dan 7 x 11” yang dipakai.Pada layar akan terdapat 7 baris titik dan 11 kolom.
    .Saklar RAST. Digunakan untuk memilih pola (pattern) hitam atau pola raster kosong.
    Saklar NTSC BARS. Digunakan untuk memilih pola warna NTSC.
    Saklar COLOR OFF. Dijadikan satu dengan saklar “NTSC BARS”, digunakan untuk memilih output berwarna atau hitam putih. Jika saklar ini dipakai, pola warna NTSC akan menampilkan warna abu-abu, jika tidak dipakai, pola warna NTSC akan tampil di layar.Saklar 4,5 MHz.Digunakan untuk menghidupkan dan mematikan frekuensi subcarrier yang berisikan suara. Jika saklar ini dipakai, frekuensi suara sebesar 4,5 MHz akan tergabung dalam sinyal output IF/RF. Jika saklar ini tidak dipakai, pada sinyal output IF/RF tidak terdapat suara.
    Saklar IF/RF
    Saklar ini digunakan untuk mengatur modulasi sinyal output (IF/RF output), apakah pada posisi RF atau IF. Ketika saklar ini digunakan, sinyal yang terdapat pada jack IF/RF adalah sinyal RF pada frekuensi 45,75 MHz dan saklar CH4/CH3 tidak memberi efek apapun. Ketika saklar ini tidak digunakan, sinyal yang terdapat pada jack IF/RF adalah sinyal RF pada frekuensi 61,25 MHz (untuk CH3) atau 67,25 untuk CH4.
    Saklar CH4/CH3.Saklar ini dioperasikan bersamaan dengan posisi RF dari saklar IF/RF. Mengatur frekuensi pembawa (RF output) berhubungan dengan CH4 atau CH3.
    kesimpulannya adalah informasi warna adalah campuran dari sebuah sinyal gambar yang terdiri dari tiga elemen yaitu : warna, kuat cahaya (luminance), dan titik jenuh (saturation).
    Kuat cahaya atau kecerahan cahaya (brightness) yang ditangkap oleh mata sebenarnya adalah amplitudo dari sinyal gambar. Kuat cahaya atau luminans yang merupakan komponen dari sinyal warna adalah satu warna tersendiri, yang tampil dalam warna abu-abu.
    Kuning adalah warna cerah dan memiliki kuat cahaya pada level tinggi yang hampir mendekati kuat cahaya warna putih, sementara biru menampilkan warna gelap dan memiliki kuat cahaya level rendah mendekati kuat cahaya dari warna hitam. Elemen warna dibagi dalam beberapa warna-warna, seperti merah, biru, hijau, dan lain-lain. Putih, hitam, dan abu-abu tidak termasuk dalam kelompok warna. Sudut fasa dari 3,58 Mhz sebagai pembawa pengganti (subcarrier) warna menentukan warna. Tiga warna utama dari gambar yaitu merah, biru, dan hijau dapat dikombinasikan sehingga menghasilkan warna lain. Pergeseran fasa sampai 3600 akan menghasilkan warna-warna seperti warna pelangi

    BalasHapus
  4. Dzinni Kholidiyyah
    D3TT-3A
    1831130042 / 09
    Dari viedo yang pertama yaitu tv pattern generator. Generator pola TV IC tunggal ini berguna untuk menemukan kesalahan pada perangkat TV. Anda dapat memperbaiki penyelarasan sirkuit pengaturan waktu TV dengan bantuan sirkuit ini. Garis-garis vertikal (bar) yang dihasilkan oleh generator pola pada layar TV membantu Anda menyelaraskan sirkuit sinkronisasi pemindaian vertikal pada receiver.
    Untuk menguji perangkat TV, Anda perlu menyambungkan output video dan audio dari rangkaian ke input masing-masing TV satu per satu. Jika bagian video perangkat TV berfungsi, sirkuit menghasilkan garis putih vertikal pada layar TV, dan jika bagian audio berfungsi, Anda akan mendengar suara dari speaker TV. Anda juga bisa mengatur lebar garis vertikal.
    Rangkaian inverter ini menggunakan hex Schmitt IC CD40106 (IC1). Gerbang NOT N1 menghasilkan pulsa tersinkronisasi horizontal (Hsync) untuk sinyal video PAL. Preset VR1 dan VR2 digunakan untuk mengontrol durasi waktu 'on' dan 'off' dari osilator. Untuk PAL, Anda perlu menyesuaikan VR2 untuk durasi 'nonaktif' sebesar 4,7 μs, sedangkan VR1 perlu disesuaikan untuk durasi 'aktif' sekitar 60 μs. Jika garis vertikal muncul di layar TV saat menyambungkan output video dari rangkaian ke input video TV, bagian video perangkat TV berfungsi. Anda dapat mengontrol posisi awal garis menggunakan potmeter VR3, posisi akhir garis menggunakan potmeter VR4, dan lebar garis serta jumlah garis menggunakan potmeter VR5. Jika Anda tidak memiliki osiloskop, atur preset VR1 dan VR2 ke 150k dan 22k, masing-masing, untuk mendapatkan periode 'hidup' dan 'mati' yang diperlukan untuk osilator dan melihat pola garis vertikal di TV. Osilator frekuensi audio dibangun di sekitar gerbang NOT N6. Frekuensi osilasinya ditentukan oleh resistor R6 dan kapasitor C5. Hubungkan output audio dari sirkuit ke input audio TV. Jika Anda mendengar suara dari speaker TV, bagian audio perangkat TV yang berfungsi.

    BalasHapus
  5. Renata Amalia Jayanti
    D3 TT 3A
    1831130102
    Pattern Generator adalah perangkat elektronik, dalam pengoperasiannya menggunakan tegangan listrik 220 VAC. Karenanya sangat diperlukan persiapan awal sehingga pengguna terhindar dari sengatan arus listrik yang dapat mematikan. hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pengoperasian Pattern Generator yaitu sambungkan Pattern Generator ke sumber tegangan 220 VAC dengan tiga kabel yang terbungkus jadi satu, dimana salah satu kabelnya tersambung dengan ground yaitu casis dari perangkat Pattern Generator itu sendiri. Alat ukur Pattern Generator memiliki kontrol dan indikator sebagai berikut :
    Power Indicator, Saklar Power ON-OFF, Saklar pilih RGB TTL/LOW/RGB output level, Saklar CONVERGENCE , Saklar RAST , Saklar NTSC BARS , Saklar COLOR OFF, Saklar 4,5 Mhz , Saklar IF/RF , Saklar CH4/CH3, COMPOSITE VIDEO LEVEL Control, COMPOSITE VIDEO Jack, IF/RF Jack, 30 Hz Jack, COMPOSITE SYNC Jack, SYNC VsJack, SYNC HsJack, B Jack, G Jack , R Jack, RGB Pin D Type SubMiniature Connector.
    Suatu campuran sinyal gambar bisa jadi hanya disuntikkan ke titik uji pada pesawat penerima televisi setelah rangkaian detektor video, hanya disuntikkan pada video tape recorders atau perangkat lainnya. kesimpulannya adalah informasi warna adalah campuran dari sebuah sinyal gambar yang terdiri dari tiga elemen yaitu : warna, kuat cahaya (luminance), dan titik jenuh (saturation).
    Kuat cahaya atau kecerahan cahaya (brightness) yang ditangkap oleh mata sebenarnya adalah amplitudo dari sinyal gambar

    BalasHapus
  6. Nama : Tasqiatul Qulbi Kamila

    Kelas : 3A TT /24 / 1831130093

    Saya menanggapi video pertama.


    Pattern generator atau pembangkit pola menghasilkan sinyal audio dan video, langsung dan dengan modulasi RF sesuai yang digunakan pada televisi. Pattern generator dapat difungsikan untuk menandai frekuensi kanal, menguji dan memperbaiki penerima TV. Pattern Generator adalah alat ukur elektronik yang dapat menghasilkan pola (pattern) warna yang berguna dalam memproduksi/memperbaiki pesawat penerima televisi atau perangkat video tape recorders, sistem sirkit televisi tertutup (Closed Circuit Television Systems/CCTV) serta video monitor komputer.


    Pattern Generator berisi dua stabil multivibrator dan rangkaian pembentuk gelombang, satu frekuensi di bawah 15625 Hz system PAL untuk menghasilkan serangkaian batang horisontal dan yang lain di atas 15625 Hz untuk menghasilkan batang vertikal. Sinyal dimodifikasi ke dalam pulsa durasi pendek diumpankan ke bagian video pesawat penerima panjangnya sama dengan rentetan pulsa sinkronisasi untuk menghasilkan garis halus pada layar. K eluaran multivibrator berupa sinyal video gelombang kotak dengan frekuensi kelipatan m dari frekuensi horisontal untuk menghasilkan balok vertikal dan batang putih. Setiap setelah siklus ke m pulsa trigger blanking horisontal multivibrator menyerempakkan sinyal batang pada setiap garis.

    BalasHapus
  7. Nama : Tasya Amalia
    Kelas : D3 TT 3A
    NIM/No.absen :1831130039/25
    Pattern Generator adalah alat ukur elektronik yang dapat menghasilkan pola (pattern) warna yang berguna dalam memproduksi/memperbaiki pesawat penerima televisi atau perangkat video tape recorders, sistem sirkit televisi tertutup (Closed Circuit Television Systems/CCTV) serta video monitor komputer. Pattern generator atau pembangkit pola menghasilkan sinyal audio dan video, langsung dan dengan modulasi RF sesuai yang digunakan pada televisi. Pattern generator dapat difungsikan untuk menandai frekuensi kanal, menguji dan memperbaiki penerima TV. Keluaran sinyal dirancang dalam bentuk Pola yang sederhana
    Tampilan kotak-kotak pada pattern generator dinamakan “cross hatch” dan merupakan patern yang paling penting, karena mempunyai banyak fungsi, yaitu untuk adjustment V Size, secara vertical harus nampak 13 kotak lebih, V Lin, dimana ukuran kotak2 bagian bawah harus sama dengan kotak2 bagian atas layer; V SC, dimana ukuran kotak2 bagian tengah harus sama dengan kotak2 bagian atas/bawah; Konvergen, garis2 vertikal dan horisontal pada bagian tengah layar maupun bagian pinggir2 layar harus berwarna putih. Jika konvergen tidak benar maka garis2 putih akan pecah menjadi 2 atau tiga warna RGB; Untuk cek apakah def yoke sudah lurus (...agar teks nampak tidak miring); Untuk mengetahui apakah def yoke pengganti yang dipasang cocok. Jika def yoke pengganti tidak cocok dengan CRT maka garis2 putih vertikal maupun horisontal pada bagian pinggir2 akan pecah menjadi 3 warna RGB; H size, secara horizontal harus Nampak 17 kotak lebih.; H Lin, yaitu ukuran kotak bagian kiri-kanan layar harus sama; Untuk adjustment VR eletrostatik konvergen yang terdapat pada board CRT soket SONY Trinitron


    BalasHapus
  8. Nama : Singgih Juli Setianto
    Kelas : D3-TT 3A
    NIM/No.basen : 1831130045 /23
    Membahas video ke-1 TV Pattern generator.
    Pattern generator atau pembangkit pola menghasilkan sinyal audio dan video, langsung dan dengan modulasi RF sesuai yang digunakan pada televisi. Pattern generator dapat difungsikan untuk menandai frekuensi kanal, menguji dan memperbaiki penerima TV. Keluaran sinyal dirancang dalam bentuk Pola yang sederhana. Sumber pola gambar (pattern generator)pada teknik video (televisi) untuk maksud pengaturan atau pencarian kesalahan. Ada berbagai macam pola gambar dengan berbagai macam keperluannya.

    secara blok diagram Pattern Generator berisi dua stabil multivibrator dan rangkaian pembentuk gelombang, satu frekuensi di bawah 15625 Hz system PAL untuk menghasilkan serangkaian batang horisontal dan yang lain di atas 15625 Hz untuk menghasilkan batang vertikal. Sinyal dimodifikasi ke dalam pulsa durasi pendek diumpankan ke bagian video pesawat penerima panjangnya sama dengan rentetan pulsa sinkronisasi untuk menghasilkan garis halus pada layar. K eluaran multivibrator berupa sinyal video gelombang kotak dengan frekuensi kelipatan m dari frekuensi horisontal untuk menghasilkan balok vertikal dan batang putih. Setiap setelah siklus ke m pulsa trigger blanking horisontal multivibrator menyerempakkan sinyal batang pada setiap garis.

    Jumlah batang dapat divariasi dengan mengubah frekuensi generator melalui pengaturan panel depan pattern generator. Dengan cara yang sama pulsa gelombang kotak yang diturunkan salah satu dari 50 Hz atau dari master osilator digunakan untuk pengaturan trigger yang lain dari nultivibrator yang membangkitkan sinyal video yang mempunyai frekuensi kelipatan n dari frekuensi vertikal. Pada saat sinyal diumpankan pada penguat video menghasilkan batang hitam dan putih horisontal. Kecepatan pensaklaran multivibrator dapat dikontrol dengan mnggunakan potensiometer biasanya dipasang pada panel depan instrument.1. Pola papan catur 2. Batang horisontal 3. Batang vertikal 4. Pola papan catur pada satu sudut 5. Cross hatched 6. Pola titik 7. Warna putih murni. Di unduh dari : Bukupaket.com Mengatur kecepatan pensaklaran sebenarnya mengatur jumlah batang horisontal hiyam dan putih. Pulsa sinkronisasi dan blanking ditambahkan pada sinyal modulasi. Master osilator digunakan untuk membangkitkan sinyal blanking dan mengatur gerbang dan pembangkitan pulsa. Sinyal sinkronisasi komposit diberikan ke pattern generator sinyal video dan syn adder. Keluar dari pembangkit batang horisontal dan vertikal diteruskan untuk membentuk pola cross hatch, papan catur. Pola sinyal video diberikan ke adder dari adder sinyal diteruskan ke modulator VHF. Amplitudo modulasi mengambil alih keluaran frekuensi pembawa yang disediakan dalam tingkat tinggi dan rendah dari soket keluaran. Master control, pembangkit sinkronisasi dan blanking menyediakan pulsa blangking, pengambilan pulsa dari multivibrator berupa sinyal batang vertikal dan horisontal. Sebuah osilator audio membangkitkan sinyal frekuensi 1 KHz yang kemudian dimodulasi frekuensi dengan sinyal pembawa 5,5 MHz. Tujuan dari modulasi frekuensi sinyal audio untuk menguji bagian audio. Keluaran disediakan secara dengan soket terpisah ditandai sebagai sinyal audio dan video.

    BalasHapus
  9. Nama: Devi Oktaviani Nurheswari
    NIM: 1831130100 (08)
    Kelas: 3A TT

    Pattern Generator adalah alat ukur elektronik yang dapat digunakan untuk menghasilkan RF dan IF output yang kemudian dapat disuntikkan ke rangkaian pesawat penerima televisi/video yang sedang diuji. Disamping itu Pattern Generator juga dapat digunakan untuk membangkitkan composite Video Output,RGB OUTPUT,WAVEFORM MONITORING,dll.
    Prinsip kerja, Pattern Generator berisi dua stabil multivibrator dan rangkaian pembentuk gelombang, satu frekuensi di bawah 15625 Hz system PAL untuk menghasilkan serangkaian batang horisontal dan yang lain di atas 15625 Hz untuk menghasilkan batang vertikal. Sinyal dimodifikasi ke dalam pulsa durasi pendek diumpankan ke bagian video pesawat penerima panjangnya sama dengan rentetan pulsa sinkronisasi untuk menghasilkan garis halus pada layar. Keluaran multivibrator berupa sinyal video gelombang kotak dengan frekuensi kelipatan m dari frekuensi horisontal untuk menghasilkan balok vertikal dan batang putih. Setiap setelah siklus ke m pulsa trigger blanking horisontal multivibrator menyerempakkan sinyal batang pada setiap garis. Jumlah batang dapat divariasi dengan mengubah frekuensi generator melalui pengaturan panel depan. Elemen warna dibagi dalam beberapa warna-warna, seperti merah, biru, hijau, dan lain-lain.
    Sudut fasa dari 3,58 Mhz sebagai pembawa pengganti (subcarrier) warna menentukan warna.
    Pergeseran fasa sampai 3600 akan menghasilkan warna-warna seperti warna pelangi.
    Titik jenuh (saturation) tidak menghidupkan satu warnapun, yang menentukan jumlah warna yang dapat dihasilkan adalah cahaya putih.
    Titik jenuh 100% adalah warna yang tidak ditambahkan dengan warna putih.
    Informasi dari titik jenuh berisikan amplitudo dengan frekuensi sebesar 3,58 MHz.
    Kombinasi dari warna dan titik jenuh disebut chroma.
    Titik jenuh ditandai dengan vektor yang memanjang, dan warna ditandai dengan sudut fasa dari vektor.

    BalasHapus
  10. Nama : Adhe Setiadi
    NIM : 1831130016
    Kelas : 3A - TT
    Pattern Generator adalah alat ukur elektronik yang dapat menghasilkan pola (pattern) warna yang berguna dalam memproduksi/memperbaiki pesawat penerima televisi atau perangkat video tape recorders, sistem sirkit televisi tertutup (Closed Circuit Television Systems/CCTV) serta video monitor komputer.
    Berikut ini adalah bagian beserta fungsinya : Power Indicator. Jika Pattern Generator dihidupkan, LED atau lampu indikator akan menyala. Saklar Power ON-OFF. Saklar untuk menghidupkan dan mematikan Pattern Generator.

    Saklar Pilih RGB TTL/LOW/RGB output level.
    Ketika saklar ini dalam kondisi bebas (posisi “LOW”) sebuah logika positip senilai 0,8 Volt berada pada jack output RGB. Ketika saklar sedang dipakai (posisi TTL) pulsa berada pada level TTL. Saklar ini juga digunakan untuk mengamati pola warna yang terpusat.
    Saklar CONVERGENCE.
    Digunakan untuk memilih salah satu pola yang terpusat, jika
    Saklar “LINE” yang dipakai.Satu garis vertikal dan horisontal saling berpotongan di tengah-tengah layar.
    Saklar RAST.
    Digunakan untuk memilih pola (pattern) hitam atau pola raster kosong.
    Saklar NTSC BARS.
    Digunakan untuk memilih pola warna NTSC.
    Saklar COLOR OFF.
    Dijadikan satu dengan saklar “NTSC BARS”, digunakan untuk memilih output berwarna atau hitam putih. Jika saklar ini dipakai, pola warna NTSC akan menampilkan warna abu-abu, jika tidak dipakai, pola warna NTSC akan tampil di layar.Saklar 4,5 MHz.Digunakan untuk menghidupkan dan mematikan frekuensi subcarrier yang berisikan suara. Jika saklar ini dipakai, frekuensi suara sebesar 4,5 MHz akan tergabung dalam sinyal output IF/RF. Jika saklar ini tidak dipakai, pada sinyal output IF/RF tidak terdapat suara.
    Saklar IF/RF
    Saklar ini digunakan untuk mengatur modulasi sinyal output (IF/RF output), apakah pada posisi RF atau IF. Ketika saklar ini digunakan, sinyal yang terdapat pada jack IF/RF adalah sinyal RF pada frekuensi 45,75 MHz dan saklar CH4/CH3 tidak memberi efek apapun. Ketika saklar ini tidak digunakan, sinyal yang terdapat pada jack IF/RF adalah sinyal RF pada frekuensi 61,25 MHz (untuk CH3) atau 67,25 untuk CH4.
    Saklar CH4/CH3.
    Saklar ini dioperasikan bersamaan dengan posisi RF dari saklar IF/RF. Mengatur frekuensi pembawa (RF output) berhubungan dengan CH4 atau CH3.

    kesimpulannya:
    Informasi warna adalah campuran dari sebuah sinyal gambar yang terdiri dari tiga elemen yaitu warna, kuat cahaya (luminance), dan titik jenuh (saturation).
    Kuat cahaya atau kecerahan cahaya (brightness) yang ditangkap oleh mata sebenarnya adalah amplitudo dari sinyal gambar. Kuning adalah warna cerah dan memiliki kuat cahaya pada level tinggi yang hampir mendekati kuat cahaya warna putih, sementara biru menampilkan warna gelap dan memiliki kuat cahaya level rendah mendekati kuat cahaya dari warna hitam.
    Elemen warna dibagi dalam beberapa warna-warna, seperti merah, biru, hijau, dan lain-lain. Putih, hitam, dan abu-abu tidak termasuk dalam kelompok warna. Tiga warna utama dari gambar yaitu merah, biru, dan hijau dapat dikombinasikan sehingga menghasilkan warna lain. Pergeseran fasa sampai 3600 akan menghasilkan warna-warna seperti warna pelangi.
    Titik jenuh (saturation) tidak menghidupkan satu warnapun, yang menentukan jumlah warna yang dapat dihasilkan adalah cahaya putih.
    Titik jenuh 100% adalah warna yang tidak ditambahkan dengan warna putih.
    Informasi dari titik jenuh berisikan amplitudo dengan frekuensi sebesar 3,58 MHz.
    Kombinasi dari warna dan titik jenuh disebut chroma.
    Titik jenuh ditandai dengan vektor yang memanjang, dan warna ditandai dengan sudut fasa dari vektor. Pengukuran dengan Vectorscope sangat membantu dalam menganalisa gangguan melalui pola warna yang ditampilkan oleh tabung gambar.
    Satu campuran sinyal gambar (composite video signal) bisa jadi digunakan sebagai input yang disuntikkan ke titik uji (test point) perangkat video yang tidak menggunakan frekuensi seperti monitor gambar, penguat pembagi gambar (video distribution amplifier), perangkat pemroses sinyal dan perangkat lainnya

    BalasHapus
  11. Rohmat Ali Sainurridho
    1831130031
    21/TT-3A
    Pattern generator adalah instrumen yang sangat berguna untuk penyelarasan yang benar dari sirkuit pengaturan waktu televisi.
    Pattern generator Standar CCIR ini akan menghasilkan garis (batang) horizontal dan vertikal pada layar TV yang memungkinkan Anda untuk menyelaraskan sirkuit sinkronisasi pemindaian vertikal dan horizontal pada receiver.
    Generator pola ini mengikuti standar CCIR dan menghasilkan sinyal RF dalam pita VHF. Ini TIDAK cocok untuk digunakan dengan televisi standar NTSC Amerika Utara.
    Generator pola TV IC tunggal ini berguna untuk menemukan kesalahan pada perangkat TV. Anda dapat memperbaiki penyelarasan sirkuit pengaturan waktu TV dengan bantuan sirkuit ini. Garis-garis vertikal (bar) yang dihasilkan oleh generator pola pada layar TV membantu Anda menyelaraskan sirkuit sinkronisasi pemindaian vertikal pada receiver.
    Untuk menguji perangkat TV, Anda perlu menyambungkan output video dan audio dari rangkaian ke input masing-masing TV satu per satu. Jika bagian video perangkat TV berfungsi, sirkuit menghasilkan garis putih vertikal pada layar TV, dan jika bagian audio berfungsi, Anda akan mendengar suara dari speaker TV. Anda juga bisa mengatur lebar garis vertikal.
    Rangkaian inverter ini menggunakan hex Schmitt IC CD40106 (IC1). Gerbang NOT N1 menghasilkan pulsa tersinkronisasi horizontal (Hsync) untuk sinyal video PAL. Preset VR1 dan VR2 digunakan untuk mengontrol durasi waktu 'on' dan 'off' dari osilator. Untuk PAL, Anda perlu menyesuaikan VR2 untuk durasi 'nonaktif' sebesar 4,7 μs, sedangkan VR1 perlu disesuaikan untuk durasi 'aktif' sekitar 60 μs. Jika garis vertikal muncul di layar TV saat menyambungkan output video dari rangkaian ke input video TV, bagian video perangkat TV berfungsi. Anda dapat mengontrol posisi awal garis menggunakan potmeter VR3, posisi akhir garis menggunakan potmeter VR4, dan lebar garis serta jumlah garis menggunakan potmeter VR5. Jika Anda tidak memiliki osiloskop, atur preset VR1 dan VR2 ke 150k dan 22k, masing-masing, untuk mendapatkan periode 'hidup' dan 'mati' yang diperlukan untuk osilator dan melihat pola garis vertikal di TV. Osilator frekuensi audio dibangun di sekitar gerbang NOT N6. Frekuensi osilasinya ditentukan oleh resistor R6 dan kapasitor C5. Hubungkan output audio dari sirkuit ke input audio TV. Jika Anda mendengar suara dari speaker TV, bagian audio perangkat TV berfungsi.

    BalasHapus
  12. Nama : Emy Evaliana
    Kelas : TT 3A
    NIM/Absen : 1831130008/10

    Video pertama :
    Pattern Generator adalah alat ukur elektronik yang dapat menghasilkan pola (pattern) warna yang berguna dalam memproduksi/memperbaiki pesawat penerima televisi atau perangkat video tape recorders, sistem sirkit televisi tertutup (Closed Circuit Television Systems/CCTV) serta video monitor komputer. Pattern generator atau pembangkit pola menghasilkan sinyal audio dan video, langsung dan dengan modulasi RF sesuai yang digunakan pada televisi.

    Prinsip kerja, Pattern Generator berisi dua stabil multivibrator dan rangkaian pembentuk gelombang, satu frekuensi di bawah 15625 Hz system PAL untuk menghasilkan serangkaian batang horisontal dan yang lain di atas 15625 Hz untuk menghasilkan batang vertikal. Sinyal dimodifikasi ke dalam pulsa durasi pendek diumpankan ke bagian video pesawat penerima panjangnya sama dengan rentetan pulsa sinkronisasi untuk menghasilkan garis halus pada layar. Keluaran multivibrator berupa sinyal video gelombang kotak dengan frekuensi kelipatan m dari frekuensi horisontal untuk menghasilkan balok vertikal dan batang putih. Setiap setelah siklus ke m pulsa trigger blanking horisontal multivibrator menyerempakkan sinyal batang pada setiap garis. Jumlah batang dapat divariasi dengan mengubah frekuensi generator melalui pengaturan panel depan. Elemen warna dibagi dalam beberapa warna-warna, seperti merah, biru, hijau, dan lain-lain

    Blok diagram Pattern Generator berisi dua stabil multivibrator dan rangkaian pembentuk gelombang, satu frekuensi di bawah 15625 Hz system PAL untuk menghasilkan serangkaian batang horisontal dan yang lain di atas 15625 Hz untuk menghasilkan batang vertikal. Sinyal dimodifikasi ke dalam pulsa durasi pendek diumpankan ke bagian video pesawat penerima panjangnya sama dengan rentetan pulsa sinkronisasi untuk menghasilkan garis halus pada layar. K eluaran multivibrator berupa sinyal video gelombang kotak dengan frekuensi kelipatan m dari frekuensi horisontal untuk menghasilkan balok vertikal dan batang putih. Setiap setelah siklus ke m pulsa trigger blanking horisontal multivibrator menyerempakkan sinyal batang pada setiap garis.

    BalasHapus
  13. Nama : Muhammad Faiz Nasrudin (18)
    Kelas : D3-TT-3A
    NIM : 1831130098
    VIDEO PERTAMA
    Pattern Generator Pada Pengoperasiannya menggunakan tegangan listrik 220 VAC. Karenanya sangat diperlukan persiapan awal sehingga pengguna terhindar dari sengatan arus listrik yang dapat mematikan. hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pengoperasian Pattern Generator yaitu sambungkan Pattern Generator ke sumber tegangan 220 VAC dengan tiga kabel yang terbungkus jadi satu, dimana salah satu kabelnya tersambung dengan ground yaitu casis dari perangkat Pattern Generator itu sendiri.
    Pattern generator atau pembangkit pola menghasilkan sinyal audio dan video, langsung dan dengan modulasi RF sesuai yang digunakan pada televisi. Pattern generator dapat difungsikan untuk menandai frekuensi kanal, menguji dan memperbaiki penerima TV. Pattern Generator adalah alat ukur elektronik yang dapat menghasilkan pola (pattern) warna yang berguna dalam memproduksi/memperbaiki pesawat penerima televisi atau perangkat video tape recorders, sistem sirkit televisi tertutup (Closed Circuit Television Systems/CCTV) serta video monitor komputer.
    Pattern Generator berisi dua stabil multivibrator dan rangkaian pembentuk gelombang, satu frekuensi di bawah 15625 Hz system PAL untuk menghasilkan serangkaian batang horisontal dan yang lain di atas 15625 Hz untuk menghasilkan batang vertikal. Sinyal dimodifikasi ke dalam pulsa durasi pendek diumpankan ke bagian video pesawat penerima panjangnya sama dengan rentetan pulsa sinkronisasi untuk menghasilkan garis halus pada layar. K eluaran multivibrator berupa sinyal video gelombang kotak dengan frekuensi kelipatan m dari frekuensi horisontal untuk menghasilkan balok vertikal dan batang putih. Setiap setelah siklus ke m pulsa trigger blanking horisontal multivibrator menyerempakkan sinyal batang pada setiap garis.

    BalasHapus
  14. Nama: Mochammad Wildan Habibullah
    Kelas: TT 3A
    NIM: 1831130057

    Pattern generator atau pembangkit pola menghasilkan sinyal audio dan video, langsung dan dengan modulasi RF sesuai yang digunakan pada televisi. Pattern generator dapat difungsikan untuk menandai frekuensi kanal, menguji dan memperbaiki penerima TV. Keluaran sinyal dirancang dalam bentuk Pola yang sederhana. Sumber pola gambar (pattern generator)pada teknik video (televisi) untuk maksud pengaturan atau pencarian kesalahan. Ada berbagai macam pola gambar dengan berbagai macam keperluannya.
    Pattern Generator berisi dua stabil multivibrator dan rangkaian pembentuk gelombang, satu frekuensi di bawah 15625 Hz system PAL untuk menghasilkan serangkaian batang horisontal dan yang lain di atas 15625 Hz untuk menghasilkan batang vertikal. Sinyal dimodifikasi ke dalam pulsa durasi pendek diumpankan ke bagian video pesawat penerima panjangnya sama dengan rentetan pulsa sinkronisasi untuk menghasilkan garis halus pada layar. K eluaran multivibrator berupa sinyal video gelombang kotak dengan frekuensi kelipatan m dari frekuensi horisontal untuk menghasilkan balok vertikal dan batang putih. Setiap setelah siklus ke m pulsa trigger blanking horisontal multivibrator menyerempakkan sinyal batang pada setiap garis.

    BalasHapus
  15. RAFLY DELI ALVIAN
    1831130108/19
    D3TT3A

    Pattern generator adalah instrumen yang sangat berguna untuk penyelarasan yang benar dari sirkuit pengaturan waktu televisi.
    Pattern generator Standar CCIR ini akan menghasilkan garis (batang) horizontal dan vertikal pada layar TV yang memungkinkan Anda untuk menyelaraskan sirkuit sinkronisasi pemindaian vertikal dan horizontal pada receiver.
    Generator pola ini mengikuti standar CCIR dan menghasilkan sinyal RF dalam pita VHF. Ini TIDAK cocok untuk digunakan dengan televisi standar NTSC Amerika Utara.
    Generator pola TV IC tunggal ini berguna untuk menemukan kesalahan pada perangkat TV. Anda dapat memperbaiki penyelarasan sirkuit pengaturan waktu TV dengan bantuan sirkuit ini. Garis-garis vertikal (bar) yang dihasilkan oleh generator pola pada layar TV membantu Anda menyelaraskan sirkuit sinkronisasi pemindaian vertikal pada receiver.
    Untuk menguji perangkat TV, Anda perlu menyambungkan output video dan audio dari rangkaian ke input masing-masing TV satu per satu. Jika bagian video perangkat TV berfungsi, sirkuit menghasilkan garis putih vertikal pada layar TV, dan jika bagian audio berfungsi, Anda akan mendengar suara dari speaker TV. Anda juga bisa mengatur lebar garis vertikal.
    Rangkaian inverter ini menggunakan hex Schmitt IC CD40106 (IC1). Gerbang NOT N1 menghasilkan pulsa tersinkronisasi horizontal (Hsync) untuk sinyal video PAL. Preset VR1 dan VR2 digunakan untuk mengontrol durasi waktu 'on' dan 'off' dari osilator. Untuk PAL, Anda perlu menyesuaikan VR2 untuk durasi 'nonaktif' sebesar 4,7 μs, sedangkan VR1 perlu disesuaikan untuk durasi 'aktif' sekitar 60 μs. Jika garis vertikal muncul di layar TV saat menyambungkan output video dari rangkaian ke input video TV, bagian video perangkat TV berfungsi. Anda dapat mengontrol posisi awal garis menggunakan potmeter VR3, posisi akhir garis menggunakan potmeter VR4, dan lebar garis serta jumlah garis menggunakan potmeter VR5. Jika Anda tidak memiliki osiloskop, atur preset VR1 dan VR2 ke 150k dan 22k, masing-masing, untuk mendapatkan periode 'hidup' dan 'mati' yang diperlukan untuk osilator dan melihat pola garis vertikal di TV. Osilator frekuensi audio dibangun di sekitar gerbang NOT N6. Frekuensi osilasinya ditentukan oleh resistor R6 dan kapasitor C5. Hubungkan output audio dari sirkuit ke input audio TV..

    BalasHapus
  16. Nama : Sekar Kawuryan
    Kelas : D3-TT3A
    NIM : 1831130128
    Video 1
    Pattern Generator adalah alat ukur elektronik yang dapat menghasilkan pola warna yang berguna dalam memproduksi/memperbaiki pesawat penerima televisi atau perangkat video tape recorders, sistem sirkit televisi tertutup (Closed Circuit Television Systems/CCTV) serta video monitor komputer.
    Pattern Generator Pada Pengoperasiannya menggunakan tegangan listrik 220 VAC. Karenanya sangat diperlukan persiapan awal sehingga pengguna terhindar dari sengatan arus listrik yang dapat mematikan. hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pengoperasian Pattern Generator yaitu sambungkan Pattern Generator ke sumber tegangan 220 VAC dengan tiga kabel yang terbungkus jadi satu, dimana salah satu kabelnya tersambung dengan ground yaitu casis dari perangkat Pattern Generator itu sendiri.
    Pattern generator atau pembangkit pola menghasilkan sinyal audio dan video, langsung dan dengan modulasi RF sesuai yang digunakan pada televisi. Pattern generator dapat difungsikan untuk menandai frekuensi kanal, menguji dan memperbaiki penerima TV. Pattern Generator adalah alat ukur elektronik yang dapat menghasilkan pola (pattern) warna yang berguna dalam memproduksi/memperbaiki pesawat penerima televisi atau perangkat video tape recorders, sistem sirkit televisi tertutup (Closed Circuit Television Systems/CCTV) serta video monitor komputer.
    Pattern Generator berisi dua stabil multivibrator dan rangkaian pembentuk gelombang, satu frekuensi di bawah 15625 Hz system PAL untuk menghasilkan serangkaian batang horisontal dan yang lain di atas 15625 Hz untuk menghasilkan batang vertikal. Sinyal dimodifikasi ke dalam pulsa durasi pendek diumpankan ke bagian video pesawat penerima panjangnya sama dengan rentetan pulsa sinkronisasi untuk menghasilkan garis halus pada layar. Keluaran multivibrator berupa sinyal video gelombang kotak dengan frekuensi kelipatan m dari frekuensi horisontal untuk menghasilkan balok vertikal dan batang putih. Setiap setelah siklus ke m pulsa trigger blanking horisontal multivibrator menyerempakkan sinyal batang pada setiap garis.

    BalasHapus
  17. Leni Sofiana
    1831130115
    D3-TT3A
    Pattern generator atau pembangkit pola menghasilkan sinyal audio dan video, langsung dan dengan modulasi RF sesuai yang digunakan pada televisi. Pattern generator dapat difungsikan untuk menandai frekuensi kanal, menguji dan memperbaiki penerima TV. Keluaran sinyal dirancang dalam bentuk Pola yang sederhana yaitu :
    secara blok diagram dijelaskan dalam uraian di bawah ini. Pattern Generator berisi dua stabil multivibrator dan rangkaian pembentuk gelombang, satu frekuensi di bawah 15625 Hz system PAL untuk menghasilkan serangkaian batang horisontal dan yang lain di atas 15625 Hz untuk menghasilkan batang vertikal. Sinyal dimodifikasi ke dalam pulsa durasi pendek diumpankan ke bagian video pesawat penerima panjangnya sama dengan rentetan pulsa sinkronisasi untuk menghasilkan garis halus pada layar. K eluaran multivibrator berupa sinyal video gelombang kotak dengan frekuensi kelipatan m dari frekuensi horisontal untuk menghasilkan balok vertikal dan batang putih. Setiap setelah siklus ke m pulsa trigger blanking horisontal multivibrator menyerempakkan sinyal batang pada setiap garis. Jumlah batang dapat divariasi dengan mengubah frekuensi generator melalui pengaturan panel depan pattern generator. Dengan cara yang sama pulsa gelombang kotak yang diturunkan salah satu dari 50 Hz atau dari master osilator digunakan untuk pengaturan trigger yang lain dari nultivibrator yang membangkitkan sinyal video yang mempunyai frekuensi kelipatan n dari frekuensi vertikal. Pada saat sinyal diumpankan pada penguat video menghasilkan batang hitam dan putih horisontal. Kecepatan pensaklaran multivibrator dapat dikontrol dengan mnggunakan potensiometer biasanya dipasang pada panel depan instrument.
    1. Pola papan catur
    2. Batang horisontal
    3. Batang vertikal
    4. Pola papan catur pada satu sudut
    5. Cross hatched
    6. Pola titik
    7. Warna putih murni
    Mengatur kecepatan pensaklaran sebenarnya mengatur jumlah batang horisontal hiyam dan putih. Pulsa sinkronisasi dan blanking ditambahkan pada sinyal modulasi. Master osilator digunakan untuk membangkitkan sinyal blanking dan mengatur gerbang dan pembangkitan pulsa. Sinyal sinkronisasi komposit diberikan ke pattern generator sinyal video dan syn adder. Keluar dari pembangkit batang horisontal dan vertikal diteruskan untuk membentuk pola cross hatch, papan catur. Pola sinyal video diberikan ke adder dari adder sinyal diteruskan ke modulator VHF. Amplitudo modulasi mengambil alih keluaran frekuensi pembawa yang disediakan dalam tingkat tinggi dan rendah dari soket keluaran. Master control, pembangkit sinkronisasi dan blanking menyediakan pulsa blangking, pengambilan pulsa dari multivibrator berupa sinyal batang vertikal dan horisontal. Sebuah osilator audio membangkitkan sinyal frekuensi 1 KHz yang kemudian dimodulasi frekuensi dengan sinyal pembawa 5,5 MHz. Tujuan dari modulasi frekuensi sinyal audio untuk menguji bagian audio. Keluaran disediakan secara dengan soket terpisah ditandai sebagai sinyal audio dan video. Kombinasi saklar mH dan nV, multivibrator membangkitkan pola yang berbeda.

    BalasHapus
  18. marviyanto etnika bagaskara / 15/ 1831130079

    Pattern Generator adalah alat ukur elektronik yang dapat menghasilkan pola (pattern) warna yang berguna dalam memproduksi/memperbaiki pesawat penerima televisi atau perangkat video tape recorders, sistem sirkit televisi tertutup (Closed Circuit Television Systems/CCTV) serta video monitor komputer.
    secara blok diagram dijelaskan dalam uraian di bawah ini. Pattern Generator berisi dua stabil multivibrator dan rangkaian pembentuk gelombang, satu frekuensi di bawah 15625 Hz system PAL untuk menghasilkan serangkaian batang horisontal dan yang lain di atas 15625 Hz untuk menghasilkan batang vertikal. Sinyal dimodifikasi ke dalam pulsa durasi pendek diumpankan ke bagian video pesawat penerima panjangnya sama dengan rentetan pulsa sinkronisasi untuk menghasilkan garis halus pada layar. K eluaran multivibrator berupa sinyal video gelombang kotak dengan frekuensi kelipatan m dari frekuensi horisontal untuk menghasilkan balok vertikal dan batang putih. Setiap setelah siklus ke m pulsa trigger blanking horisontal multivibrator menyerempakkan sinyal batang pada setiap garis. Jumlah batang dapat divariasi dengan mengubah frekuensi generator melalui pengaturan panel depan pattern generator. Dengan cara yang sama pulsa gelombang kotak yang diturunkan salah satu dari 50 Hz atau dari master osilator digunakan untuk pengaturan trigger yang lain dari nultivibrator yang membangkitkan sinyal video yang mempunyai frekuensi kelipatan n dari frekuensi vertikal. Pada saat sinyal diumpankan pada penguat video menghasilkan batang hitam dan putih horisontal. Kecepatan pensaklaran multivibrator dapat dikontrol dengan mnggunakan potensiometer biasanya dipasang pada panel depan instrument. 1. Pola papan catur 2. Batang horisontal 3. Batang vertikal 4. Pola papan catur pada satu sudut 5. Cross hatched 6. Pola titik 7. Warna putih murni. Di unduh dari : Bukupaket.com Mengatur kecepatan pensaklaran sebenarnya mengatur jumlah batang horisontal hiyam dan putih. Pulsa sinkronisasi dan blanking ditambahkan pada sinyal modulasi. Master osilator digunakan untuk membangkitkan sinyal blanking dan mengatur gerbang dan pembangkitan pulsa. Sinyal sinkronisasi komposit diberikan ke pattern generator sinyal video dan syn adder. Keluar dari pembangkit batang horisontal dan vertikal diteruskan untuk membentuk pola cross hatch, papan catur. Pola sinyal video diberikan ke adder dari adder sinyal diteruskan ke modulator VHF. Amplitudo modulasi mengambil alih keluaran frekuensi pembawa yang disediakan dalam tingkat tinggi dan rendah dari soket keluaran. Master control, pembangkit sinkronisasi dan blanking menyediakan pulsa blangking, pengambilan pulsa dari multivibrator berupa sinyal batang vertikal dan horisontal. Sebuah osilator audio membangkitkan sinyal frekuensi 1 KHz yang kemudian dimodulasi frekuensi dengan sinyal pembawa 5,5 MHz. Tujuan dari modulasi frekuensi sinyal audio untuk menguji bagian audio. Keluaran disediakan secara dengan soket terpisah ditandai sebagai sinyal audio dan video. Kombinasi saklar mH dan nV, multivibrator membangkitkan pola yang berbeda. Tabel 10-1 Saklar pola gambar Pola batang horisontal digunakan untuk mengecek linieritas penguat vertikal. Sedangkan Pola batang vertikal digunakan untuk mengecek linieritas penguat horisontal. Switch mH Switch nV Keluaran patron OFF OFF Raster putih murni OFF ON Batang horisontal ON OFF Batang Vertikal ON ON Cross hatch Di unduh dari : Bukupaket.com Blanking and gatting pulse Controlled switch Pattern Control frekuensi Blanking and gatting pulse Pattern generator syn composite Control frekuensi Frequency carrier 5,5 MHz Gambar 10-24. Blok diagram pembangkit pola Pola cross hatch digunakan untuk kedua pemusatan linieritas gambar dan aspect ratio.

    BalasHapus
  19. Nama : Hafid Mubarok
    NIM : 1831130066
    Kelas : 3A - TT

    Pattern Generator adalah alat ukur elektronik yang dapat menghasilkan pola (pattern) warna yang berguna dalam memproduksi/memperbaiki pesawat penerima televisi atau perangkat video tape recorders, sistem sirkit televisi tertutup (Closed Circuit Television Systems/CCTV) serta video monitor komputer.
    Berikut ini adalah bagian beserta fungsinya : Power Indicator. Jika Pattern Generator dihidupkan, LED atau lampu indikator akan menyala. Saklar Power ON-OFF. Saklar untuk menghidupkan dan mematikan Pattern Generator.

    Saklar Pilih RGB TTL/LOW/RGB output level.
    Ketika saklar ini dalam kondisi bebas (posisi “LOW”) sebuah logika positip senilai 0,8 Volt berada pada jack output RGB. Ketika saklar sedang dipakai (posisi TTL) pulsa berada pada level TTL. Saklar ini juga digunakan untuk mengamati pola warna yang terpusat.
    Saklar CONVERGENCE.
    Digunakan untuk memilih salah satu pola yang terpusat, jika
    Saklar “LINE” yang dipakai.Satu garis vertikal dan horisontal saling berpotongan di tengah-tengah layar.
    Saklar RAST.
    Digunakan untuk memilih pola (pattern) hitam atau pola raster kosong.
    Saklar NTSC BARS.
    Digunakan untuk memilih pola warna NTSC.
    Saklar COLOR OFF.
    Dijadikan satu dengan saklar “NTSC BARS”, digunakan untuk memilih output berwarna atau hitam putih. Jika saklar ini dipakai, pola warna NTSC akan menampilkan warna abu-abu, jika tidak dipakai, pola warna NTSC akan tampil di layar.Saklar 4,5 MHz.Digunakan untuk menghidupkan dan mematikan frekuensi subcarrier yang berisikan suara. Jika saklar ini dipakai, frekuensi suara sebesar 4,5 MHz akan tergabung dalam sinyal output IF/RF. Jika saklar ini tidak dipakai, pada sinyal output IF/RF tidak terdapat suara.
    Saklar IF/RF
    Saklar ini digunakan untuk mengatur modulasi sinyal output (IF/RF output), apakah pada posisi RF atau IF. Ketika saklar ini digunakan, sinyal yang terdapat pada jack IF/RF adalah sinyal RF pada frekuensi 45,75 MHz dan saklar CH4/CH3 tidak memberi efek apapun. Ketika saklar ini tidak digunakan, sinyal yang terdapat pada jack IF/RF adalah sinyal RF pada frekuensi 61,25 MHz (untuk CH3) atau 67,25 untuk CH4.
    Saklar CH4/CH3.
    Saklar ini dioperasikan bersamaan dengan posisi RF dari saklar IF/RF. Mengatur frekuensi pembawa (RF output) berhubungan dengan CH4 atau CH3.

    BalasHapus
  20. Nama : Arziila Laily RF
    Kelas : 3A TT /05 / 1831130086


    Pattern generator atau pembangkit pola menghasilkan sinyal audio dan video, langsung dan dengan modulasi RF sesuai yang digunakan pada televisi. Pattern generator dapat difungsikan untuk menandai frekuensi kanal, menguji dan memperbaiki penerima TV. Pattern Generator adalah alat ukur elektronik yang dapat menghasilkan pola (pattern) warna yang berguna dalam memproduksi/memperbaiki pesawat penerima televisi atau perangkat video tape recorders, sistem sirkit televisi tertutup (Closed Circuit Television Systems/CCTV) serta video monitor komputer.


    Pattern Generator berisi dua stabil multivibrator dan rangkaian pembentuk gelombang, satu frekuensi di bawah 15625 Hz system PAL untuk menghasilkan serangkaian batang horisontal dan yang lain di atas 15625 Hz untuk menghasilkan batang vertikal. Sinyal dimodifikasi ke dalam pulsa durasi pendek diumpankan ke bagian video pesawat penerima panjangnya sama dengan rentetan pulsa sinkronisasi untuk menghasilkan garis halus pada layar. K eluaran multivibrator berupa sinyal video gelombang kotak dengan frekuensi kelipatan m dari frekuensi horisontal untuk menghasilkan balok vertikal dan batang putih. Setiap setelah siklus ke m pulsa trigger blanking horisontal multivibrator menyerempakkan sinyal batang pada setiap garis.

    BalasHapus
  21. Andriani Alifadianti
    1831130120

    Pattern Generator adalah alat ukur elektronik yang dapat menghasilkan pola (pattern) warna yang berguna dalam memproduksi/memperbaiki pesawat penerima televisi atau perangkat video tape recorders, sistem sirkit televisi tertutup (Closed Circuit Television Systems/CCTV) serta video monitor komputer.
    Penjelasan blog diagram :
    Pattern Generator berisi dua stabil multivibrator dan rangkaian pembentuk gelombang, satu frekuensi di bawah 15625 Hz system PAL untuk menghasilkan serangkaian batang horisontal dan yang lain di atas 15625 Hz untuk menghasilkan batang vertikal. Sinyal dimodifikasi ke dalam pulsa durasi pendek diumpankan ke bagian video pesawat penerima panjangnya sama dengan rentetan pulsa sinkronisasi untuk menghasilkan garis halus pada layar. Keluaran multivibrator berupa sinyal video gelombang kotak dengan frekuensi kelipatan m dari frekuensi horisontal untuk menghasilkan balok vertikal dan batang putih. Setiap setelah siklus ke m pulsa trigger blanking horisontal multivibrator menyerempakkan sinyal batang pada setiap garis. Jumlah batang dapat divariasi dengan mengubah frekuensi generator melalui pengaturan panel depan pattern generator. Dengan cara yang sama pulsa gelombang kotak yang diturunkan salah satu dari 50 Hz atau dari master osilator digunakan untuk pengaturan trigger yang lain dari nultivibrator yang membangkitkan sinyal video yang mempunyai frekuensi kelipatan n dari frekuensi vertikal. Kecepatan pensaklaran multivibrator dapat dikontrol dengan menggunakan potensiometer biasanya dipasang pada panel depan instrument.
    1. Pola papan catur
    2. Batang horisontal
    3. Batang vertikal
    4. Pola papan catur pada satu sudut
    5. Cross hatched
    6. Pola titik
    7. Warna putih murni.
    Master osilator digunakan untuk membangkitkan sinyal blanking dan mengatur gerbang dan pembangkitan pulsa. Sinyal sinkronisasi komposit diberikan ke pattern generator sinyal video dan syn adder. Keluar dari pembangkit batang horisontal dan vertikal diteruskan untuk membentuk pola cross hatch, papan catur. Pola sinyal video diberikan ke adder dari adder sinyal diteruskan ke modulator VHF. Sebuah osilator audio membangkitkan sinyal frekuensi 1 KHz yang kemudian dimodulasi frekuensi dengan sinyal pembawa 5,5 MHz. Tujuan dari modulasi frekuensi sinyal audio untuk menguji bagian audio. Keluaran disediakan secara dengan soket terpisah ditandai sebagai sinyal audio dan video. Kombinasi saklar mH dan nV, multivibrator membangkitkan pola yang berbeda. Tabel 10-1 Saklar pola gambar Pola batang horisontal digunakan untuk mengecek linieritas penguat vertikal. Sedangkan Pola batang vertikal digunakan untuk mengecek linieritas penguat horisontal. Switch mH Switch nV Keluaran patron OFF OFF Raster putih murni OFF ON Batang horisontal ON OFF Batang Vertikal ON ON Cross hatch. Blok diagram pembangkit pola Pola cross hatch digunakan untuk kedua pemusatan linieritas gambar dan aspect ratio.

    BalasHapus
  22. Nama : Khayyinah Varadiba
    Kelas/No : TT 3A / 13
    NIM : 1831130106

    Video pertama :
    Pattern Generator adalah alat ukur elektronik yang dapat menghasilkan pola (pattern) warna yang berguna dalam memproduksi/memperbaiki pesawat penerima televisi atau perangkat video tape recorders, sistem sirkit televisi tertutup (Closed Circuit Television Systems/CCTV) serta video monitor komputer. Pattern generator atau pembangkit pola menghasilkan sinyal audio dan video, langsung dan dengan modulasi RF sesuai yang digunakan pada televisi.

    Prinsip kerja, Pattern Generator berisi dua stabil multivibrator dan rangkaian pembentuk gelombang, satu frekuensi di bawah 15625 Hz system PAL untuk menghasilkan serangkaian batang horisontal dan yang lain di atas 15625 Hz untuk menghasilkan batang vertikal. Sinyal dimodifikasi ke dalam pulsa durasi pendek diumpankan ke bagian video pesawat penerima panjangnya sama dengan rentetan pulsa sinkronisasi untuk menghasilkan garis halus pada layar. Keluaran multivibrator berupa sinyal video gelombang kotak dengan frekuensi kelipatan m dari frekuensi horisontal untuk menghasilkan balok vertikal dan batang putih. Setiap setelah siklus ke m pulsa trigger blanking horisontal multivibrator menyerempakkan sinyal batang pada setiap garis. Jumlah batang dapat divariasi dengan mengubah frekuensi generator melalui pengaturan panel depan. Elemen warna dibagi dalam beberapa warna-warna, seperti merah, biru, hijau, dan lain-lain

    Blok diagram Pattern Generator berisi dua stabil multivibrator dan rangkaian pembentuk gelombang, satu frekuensi di bawah 15625 Hz system PAL untuk menghasilkan serangkaian batang horisontal dan yang lain di atas 15625 Hz untuk menghasilkan batang vertikal. Sinyal dimodifikasi ke dalam pulsa durasi pendek diumpankan ke bagian video pesawat penerima panjangnya sama dengan rentetan pulsa sinkronisasi untuk menghasilkan garis halus pada layar. K eluaran multivibrator berupa sinyal video gelombang kotak dengan frekuensi kelipatan m dari frekuensi horisontal untuk menghasilkan balok vertikal dan batang putih. Setiap setelah siklus ke m pulsa trigger blanking horisontal multivibrator menyerempakkan sinyal batang pada setiap garis.

    BalasHapus
  23. Ahmad Faiz Shofiyullah
    1831130116
    D3TT3A

    Informasi warna adalah campuran dari sebuah sinyal gambar yang terdiri dari tiga elemen yaitu : warna, kuat cahaya (luminance), dan titik jenuh (saturation).
    Kuat cahaya atau kecerahan cahaya (brightness) yang ditangkap oleh mata sebenarnya adalah amplitudo dari sinyal gambar.
    Kuning adalah warna cerah dan memiliki kuat cahaya pada level tinggi yang hampir mendekati kuat cahaya warna putih.
    Elemen warna dibagi dalam beberapa warna-warna, seperti merah, biru, hijau, dan lain-lain.
    Sudut fasa dari 3,58 Mhz sebagai pembawa pengganti (subcarrier) warna menentukan warna.
    Pergeseran fasa sampai 3600 akan menghasilkan warna-warna seperti warna pelangi.
    Titik jenuh (saturation) tidak menghidupkan satu warnapun, yang menentukan jumlah warna yang dapat dihasilkan adalah cahaya putih.
    Titik jenuh 100% adalah warna yang tidak ditambahkan dengan warna putih.
    Informasi dari titik jenuh berisikan amplitudo dengan frekuensi sebesar 3,58 MHz.
    Kombinasi dari warna dan titik jenuh disebut chroma.
    Titik jenuh ditandai dengan vektor yang memanjang, dan warna ditandai dengan sudut fasa dari vektor.
    Pengukuran dengan Vectorscope sangat membantu dalam menganalisa gangguan melalui pola warna yang ditampilkan oleh tabung gambar.
    RF Output dari Pattern Generator ini dapat digunakan untuk menguji penerima televisi (TV Receiver)
    I-F Output dari Pattern Generator ini dapat disuntikkan ke dalam bagian IF dari penerima televisi (television receiver) , perekam gambar (video tapes recorders) atau produk video lainnya yang menggunakan frekuensi tengah (IF Frequency) sebesar 45,75 MHz.
    Satu campuran sinyal gambar (composite video signal) bisa jadi digunakan sebagai input yang disuntikkan ke titik uji (test point) perangkat video yang tidak menggunakan frekuensi seperti monitor gambar, penguat pembagi gambar (video distribution amplifier), perangkat pemroses sinyal dan lain-lain.

    BalasHapus
  24. Farhan
    3AD3TT
    11
    Dari penjelasan video terakhir informasi warna adalah campuran dari sebuah sinyal gambar yang terdiri dari tiga elemen yaitu : warna, kuat cahaya (luminance), dan titik jenuh (saturation).
    Kuat cahaya atau kecerahan cahaya (brightness) yang ditangkap oleh mata sebenarnya adalah amplitudo dari sinyal gambar.
    Kuning adalah warna cerah dan memiliki kuat cahaya pada level tinggi yang hampir mendekati kuat cahaya warna putih.
    Elemen warna dibagi dalam beberapa warna-warna, seperti merah, biru, hijau, dan lain-lain.
    Sudut fasa dari 3,58 Mhz sebagai pembawa pengganti (subcarrier) warna menentukan warna.
    Pergeseran fasa sampai 3600 akan menghasilkan warna-warna seperti warna pelangi.
    Titik jenuh (saturation) tidak menghidupkan satu warnapun, yang menentukan jumlah warna yang dapat dihasilkan adalah cahaya putih.
    Titik jenuh 100% adalah warna yang tidak ditambahkan dengan warna putih.
    Informasi dari titik jenuh berisikan amplitudo dengan frekuensi sebesar 3,58 MHz.
    Kombinasi dari warna dan titik jenuh disebut chroma.
    Titik jenuh ditandai dengan vektor yang memanjang, dan warna ditandai dengan sudut fasa dari vektor.
    Pengukuran dengan Vectorscope sangat membantu dalam menganalisa gangguan melalui pola warna yang ditampilkan oleh tabung gambar.
    RF Output dari Pattern Generator ini dapat digunakan untuk menguji penerima televisi (TV Receiver)
    I-F Output dari Pattern Generator ini dapat disuntikkan ke dalam bagian IF dari penerima televisi (television receiver) , perekam gambar (video tapes recorders) atau produk video lainnya yang menggunakan frekuensi tengah (IF Frequency) sebesar 45,75 MHz.
    Satu campuran sinyal gambar (composite video signal) bisa jadi digunakan sebagai input yang disuntikkan ke titik uji (test point) perangkat video yang tidak menggunakan frekuensi seperti monitor gambar, penguat pembagi gambar (video distribution amplifier), perangkat pemroses sinyal dan lain-lain.

    BalasHapus
  25. Nama : Najibur Rohman
    Kelas : 3C JTD
    NIM : 1841160032

    Pattern Generator adalah alat ukur elektronik yang dapat digunakan untuk menghasilkan RF dan IF output yang kemudian dapat disuntikkan ke rangkaian pesawat penerima televisi/video yang sedang diuji. Disamping itu Pattern Generator juga dapat digunakan untuk membangkitkan:

    Composite Video Output
    - NTSC STANDARD COLOR BAR PATTERN
    - STAIRCASE PATTERN
    - COLOR BARS WITH 100% WHITE
    - STAIRCASE WITH 100% WHITE
    - CONVERGENCE PATTERN
    - BLACK RASTER PATTERN
    - RGB OUTPUT
    - WAVEFORM MONITORING

    Pattern Generator berisi dua stabil multivibrator dan rangkaian pembentuk gelombang, satu frekuensi di bawah 15625 Hz system PAL untuk menghasilkan serangkaian batang horisontal dan yang lain di atas 15625 Hz untuk menghasilkan batang vertikal. Sinyal dimodifikasi ke dalam pulsa durasi pendek diumpankan ke bagian video pesawat penerima panjangnya sama dengan rentetan pulsa sinkronisasi untuk menghasilkan garis halus pada layar. K eluaran multivibrator berupa sinyal video gelombang kotak dengan frekuensi kelipatan m dari frekuensi horisontal untuk menghasilkan balok vertikal dan batang putih. Setiap setelah siklus ke m pulsa trigger blanking horisontal multivibrator menyerempakkan sinyal batang pada setiap garis. Jumlah batang dapat divariasi dengan mengubah frekuensi generator melalui pengaturan panel depan pattern generator. Dengan cara yang sama pulsa gelombang kotak yang diturunkan salah satu dari 50 Hz atau dari master osilator digunakan untuk pengaturan trigger yang lain dari nultivibrator yang membangkitkan sinyal video yang mempunyai frekuensi kelipatan n dari frekuensi vertikal. Pada saat sinyal diumpankan pada penguat video menghasilkan batang hitam dan putih horisontal. Kecepatan pensaklaran multivibrator dapat dikontrol dengan mnggunakan potensiometer biasanya dipasang pada panel depan instrument. 1. Pola papan catur 2. Batang horisontal 3. Batang vertikal 4. Pola papan catur pada satu sudut 5. Cross hatched 6. Pola titik 7. Warna putih murni.

    BalasHapus
  26. Nama : Nur Afifah Putri Alifia
    Absen : 19
    Kelas : 3C / JTD
    NIM : 1841160103
    Video : Pattern Generator

    Pattern Generator adalah alat ukur elektronik yang dapat menghasilkan pola (pattern) warna yang berguna dalam memproduksi/memperbaiki pesawat penerima televisi atau perangkat video tape recorders, sistem sirkit televisi tertutup (Closed Circuit Television Systems/CCTV) serta video monitor komputer. Gambar 52 memperlihatkan salah satu bentuk Pattern Generator yang dimaksud. Kontrol dan Indikator yang dimiliki pattern generator :
    1. Power Indicator, Jika Pattern Generator dihidupkan, LED atau lampu indikator akan menyala.
    2. Saklar Power ON-OFF, Saklar untuk menghidupkan dan mematikan Pattern Generator
    3. Saklar Pilih RGB TTL/LOW/RGB output level. Ketika saklar ini dalam kondisi bebas (posisi “LOW”) sebuah logika positip senilai 0,8 Volt berada pada jack output RGB. Ketika saklar sedang dipakai (posisi TTL) pulsa berada pada level TTL. Saklar ini juga digunakan untuk mengamati pola warna yang terpusat.
    4. Saklar CONVERGENCE, Digunakan untuk memilih salah satu pola yang terpusat, jika :
    1) Saklar “LINE” yang dipakai, Satu garis vertikal dan horisontal saling berpotongan di tengah-tengah layar.
    2) Saklar “LINE dan 7 x 11” yang dipakai, Pada layar akan tampil 7 garis horisontal dan 11 garis vertikal.
    3) Saklar “DOT” yang dipakai, Di tengah-tengah layar akan tampil sebuah titik (dot)
    4) Saklar “DOT dan 7 x 11” yang dipakai, Pada layar akan terdapat 7 baris titik dan 11 kolom.
    5. Saklar RAST, Digunakan untuk memilih pola (pattern) hitam atau pola raster kosong.
    6. Saklar NTSC BARS, Digunakan untuk memilih pola warna NTSC.
    7. Saklar COLOR OFF, Dijadikan satu dengan saklar “NTSC BARS”, digunakan untuk memilih output berwarna atau hitam putih. Jika saklar ini dipakai, pola warna NTSC akan menampilkan warna abu-abu, jika tidak dipakai, pola warna NTSC akan tampil di layar.
    8. Saklar 4,5 MHz, Digunakan untuk menghidupkan dan mematikan frekuensi subcarrier yang berisikan suara. Jika saklar ini dipakai, frekuensi suara sebesar 4,5 MHz akan tergabung dalam sinyal output IF/RF. Jika saklar ini tidak dipakai, pada sinyal output IF/RF tidak terdapat suara.
    9. Saklar IF/RF, Saklar ini digunakan untuk mengatur modulasi sinyal output (IF/RF output), apakah pada posisi RF atau IF. Ketika saklar ini digunakan, sinyal yang terdapat pada jack IF/RF adalah sinyal RF pada frekuensi 45,75 MHz dan saklar CH4/CH3 tidak memberi efek apapun. Ketika saklar ini tidak digunakan, sinyal yang terdapat pada jack IF/RF adalah sinyal RF pada frekuensi 61,25 MHz (untuk CH3) atau 67,25 untuk CH4.
    10. Saklar CH4/CH3, Saklar ini dioperasikan bersamaan dengan posisi RF dari saklar IF/RF. Mengatur frekuensi pembawa (RF output) berhubungan dengan CH4 atau CH3.
    11. COMPOSITE VIDEO LEVEL Control, Mengatur level dan polaritas dari campuran sinyal gambar pada jack output COMPOSITE VIDEO. Jika kontrol ini diputar berlawanan dengan arah jarum jam, akan dihasilkan campuran warna dalam bentuk pulsa yang menurun (negative going) atau sinyal standar. Jika kontrol diputar berlawanan dengan arah jarum jam dalam skala penuh akan tersedia output maksimum yang terkalibrasi pada 1 Volt p-p (Volt peak to peak) dengan impedans output 75 Ω. Selanjutnya jika diputar searah jarum jam akan diperoleh pulsa yang sebaliknya (positive going).

    BalasHapus
  27. Nama: Yurike Aditya Eka Putri
    Kelas : JTD 3C
    Nim : 1841160034
    Pattern Generator adalah alat ukur elektronik yang dapat menghasilkan pola (pattern) warna yang berguna dalam memproduksi/memperbaiki pesawat penerima televisi atau perangkat video tape recorders, sistem sirkit televisi tertutup (Closed Circuit Television Systems/CCTV) serta video monitor komputer. Gambar 52 memperlihatkan salah satu bentuk Pattern Generator yang dimaksud.
    Satu campuran sinyal gambar (composite video signal) bisa jadi digunakan sebagai input yang disuntikkan ke titik uji (test point) perangkat video yang tidak menggunakan frekuensi seperti monitor gambar, penguat pembagi gambar (video distribution amplifier), perangkat pemroses sinyal dan lain-lain.

    Suatu campuran sinyal gambar bisa jadi hanya disuntikkan ke titik uji pada pesawat penerima televisi setelah rangkaian detektor video, hanya disuntikkan pada video tape recorders atau perangkat lainnya.

    Kesimpulan
    Informasi warna adalah campuran dari sebuah sinyal gambar yang terdiri dari tiga elemen yaitu : warna, kuat cahaya (luminance), dan titik jenuh (saturation).
    Kuat cahaya atau kecerahan cahaya (brightness) yang ditangkap oleh mata sebenarnya adalah amplitudo dari sinyal gambar.
    Kuning adalah warna cerah dan memiliki kuat cahaya pada level tinggi yang hampir mendekati kuat cahaya warna putih.
    Elemen warna dibagi dalam beberapa warna-warna, seperti merah, biru, hijau, dan lain-lain.
    Sudut fasa dari 3,58 Mhz sebagai pembawa pengganti (subcarrier) warna menentukan warna.
    Pergeseran fasa sampai 3600 akan menghasilkan warna-warna seperti warna pelangi.
    Titik jenuh (saturation) tidak menghidupkan satu warnapun, yang menentukan jumlah warna yang dapat dihasilkan adalah cahaya putih.
    Titik jenuh 100% adalah warna yang tidak ditambahkan dengan warna putih.
    Informasi dari titik jenuh berisikan amplitudo dengan frekuensi sebesar 3,58 MHz.
    Kombinasi dari warna dan titik jenuh disebut chroma.
    Titik jenuh ditandai dengan vektor yang memanjang, dan warna ditandai dengan sudut fasa dari vektor.
    Pengukuran dengan Vectorscope sangat membantu dalam menganalisa gangguan melalui pola warna yang ditampilkan oleh tabung gambar.
    RF Output dari Pattern Generator ini dapat digunakan untuk menguji penerima televisi (TV Receiver)
    I-F Output dari Pattern Generator ini dapat disuntikkan ke dalam bagian IF dari penerima televisi (television receiver) , perekam gambar (video tapes recorders) atau produk video lainnya yang menggunakan frekuensi tengah (IF Frequency) sebesar 45,75 MHz.
    Satu campuran sinyal gambar (composite video signal) bisa jadi digunakan sebagai input yang disuntikkan ke titik uji (test point) perangkat video yang tidak menggunakan frekuensi seperti monitor gambar, penguat pembagi gambar (video distribution amplifier), perangkat pemroses sinyal dan lain-lain.

    BalasHapus
  28. Nama : Supriatna Dwi Atmaja
    Absen : 22
    Kelas : 3C / JTD
    NIM : 1841160129
    Video : pertama
    Pattern Generator menghasilkan sinyal audio / video, langsung dan dengan modulasi RF, di mengalokasikan frekuensi saluran TV untuk penyelarasan, pengujian, dan servis penerima TV. Hasil sinyal dirancang untuk pola sederhana. Pattern generator berisi dua rantai stabil multi vibrator, pembagi dan pembentuk pulsa sirkuit, satu di bawah frekuensi cut-off untuk menghasilkan serangkaian garis horizontal dan yang lainnya di atas 15.625 Hz untuk menghasilkan garis vertikal. Sinyal dimodifikasi menjadi pulsa durasi pendek yang diumpankan ke bagian video penerima bersama dengan rangkaian pulsa sinkronisasi untuk menghasilkan garis halus di layar. Output dari multi vibrator menghasilkan sinyal video gelombang persegi pada “m” kali horizontal frekuensi untuk memberikan blok vertikal dan garis putih. Setelah setiap "m" siklus pengosongan horizontal pulsa memicu multi vibrator untuk menyinkronkan sinyal garis pada setiap baris. Kita bisa memvariasikan jumlahnya garis oleh panel depan generator pola dengan mengubah frekuensinya.
    Dengan cara yang sama, pulsa gelombang persegi yang berasal dari sumber listrik 50Hz atau dari osilator utama digunakan untuk memicu set multi vibrator lainnya untuk menghasilkan sinyal video gelombang persegi yaitu "n" kali frekuensi vertikal. Ketika ini diumpankan ke penguat video, mereka menghasilkan hitam horizontal dan garis putih. Tingkat peralihan dari multi vibrator dapat dikontrol oleh pengukur potensio yaitu, on panel depan. Ini mengontrol jumlah bilah horizontal hitam dan putih. Sinkronisasi dan pengosongan pulsa ditambahkan ke sinyal ini sebelum modulasi. Osilator master digunakan untuk menghasilkan pulsa dan generasi blanking dan gating. Sinkronisasi komposit. Sinyal diberikan ke sinyal video pola dan penambah sinkronisasi. Output dari vertikal dan generator garis horizontal digunakan untuk generator pola cross hatch dan checker board. Pola video sinyal diberikan ke penambah. Dari penambah ini, sinyal menuju ke modulator VHF.

    BalasHapus
  29. Nama : Defandi Dwi D
    Kelas :3C JTD
    NIM/ABSEN :1841160054/ 06

    Pattern Generator adalah alat ukur elektronik yang dapat menghasilkan pola (pattern) warna yang berguna dalam memproduksi/memperbaiki pesawat penerima televisi atau perangkat video tape recorders, sistem sirkit televisi tertutup (Closed Circuit Television Systems/CCTV) serta video monitor komputer. Pattern generator atau pembangkit pola menghasilkan sinyal audio dan video, langsung dan dengan modulasi RF sesuai yang digunakan pada televisi.

    Prinsip kerja, Pattern Generator berisi dua stabil multivibrator dan rangkaian pembentuk gelombang, satu frekuensi di bawah 15625 Hz system PAL untuk menghasilkan serangkaian batang horisontal dan yang lain di atas 15625 Hz untuk menghasilkan batang vertikal. Sinyal dimodifikasi ke dalam pulsa durasi pendek diumpankan ke bagian video pesawat penerima panjangnya sama dengan rentetan pulsa sinkronisasi untuk menghasilkan garis halus pada layar. Keluaran multivibrator berupa sinyal video gelombang kotak dengan frekuensi kelipatan m dari frekuensi horisontal untuk menghasilkan balok vertikal dan batang putih. Setiap setelah siklus ke m pulsa trigger blanking horisontal multivibrator menyerempakkan sinyal batang pada setiap garis. Jumlah batang dapat divariasi dengan mengubah frekuensi generator melalui pengaturan panel depan. Elemen warna dibagi dalam beberapa warna-warna, seperti merah, biru, hijau, dan lain-lain

    Blok diagram Pattern Generator berisi dua stabil multivibrator dan rangkaian pembentuk gelombang, satu frekuensi di bawah 15625 Hz system PAL untuk menghasilkan serangkaian batang horisontal dan yang lain di atas 15625 Hz untuk menghasilkan batang vertikal. Sinyal dimodifikasi ke dalam pulsa durasi pendek diumpankan ke bagian video pesawat penerima panjangnya sama dengan rentetan pulsa sinkronisasi untuk menghasilkan garis halus pada layar. K eluaran multivibrator berupa sinyal video gelombang kotak dengan frekuensi kelipatan m dari frekuensi horisontal untuk menghasilkan balok vertikal dan batang putih. Setiap setelah siklus ke m pulsa trigger blanking horisontal multivibrator menyerempakkan sinyal batang pada setiap garis.

    BalasHapus
  30. Dina Nurika Fitriana
    JTD 3C
    1841160051 / 07
    Pattern generator atau pembangkit pola menghasilkan sinyal audio dan video, langsung dan dengan modulasi RF sesuai yang digunakan pada televisi. Pattern generator dapat difungsikan untuk menandai frekuensi kanal, menguji dan memperbaiki penerima TV. Pattern Generator adalah alat ukur elektronik yang dapat menghasilkan pola (pattern) warna yang berguna dalam memproduksi/memperbaiki pesawat penerima televisi atau perangkat video tape recorders, sistem sirkit televisi tertutup (Closed Circuit Television Systems/CCTV) serta video monitor komputer. Pattern generator atau pembangkit pola menghasilkan sinyal audio dan video, langsung dan dengan modulasi RF sesuai yang digunakan pada televisi.
    Pattern Generator Pada Pengoperasiannya menggunakan tegangan listrik 220 VAC. Karenanya sangat diperlukan persiapan awal sehingga pengguna terhindar dari sengatan arus listrik yang dapat mematikan. hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pengoperasian Pattern Generator yaitu sambungkan Pattern Generator ke sumber tegangan 220 VAC dengan tiga kabel yang terbungkus jadi satu, dimana salah satu kabelnya tersambung dengan ground yaitu casis dari perangkat Pattern Generator itu sendiri.
    Prinsip kerja, Pattern Generator berisi dua stabil multivibrator dan rangkaian pembentuk gelombang, satu frekuensi di bawah 15625 Hz system PAL untuk menghasilkan serangkaian batang horisontal dan yang lain di atas 15625 Hz untuk menghasilkan batang vertikal. Sinyal dimodifikasi ke dalam pulsa durasi pendek diumpankan ke bagian video pesawat penerima panjangnya sama dengan rentetan pulsa sinkronisasi untuk menghasilkan garis halus pada layar. Keluaran multivibrator berupa sinyal video gelombang kotak dengan frekuensi kelipatan m dari frekuensi horisontal untuk menghasilkan balok vertikal dan batang putih. Setiap setelah siklus ke m pulsa trigger blanking horisontal multivibrator menyerempakkan sinyal batang pada setiap garis. Jumlah batang dapat divariasi dengan mengubah frekuensi generator melalui pengaturan panel depan. Elemen warna dibagi dalam beberapa warna-warna, seperti merah, biru, hijau, dan lain-lain.

    BalasHapus
  31. Nama : Sania Ahva Yuniar
    Kelas :3C JTD
    NIM/ABSEN :1841160081/ 21

    Pattern generator berisi dua rantai stabil multi vibrator, pembagi dan pembentuk pulsa sirkuit, satu di bawah frekuensi garis untuk menghasilkan serangkaian batang horizontal dan yang lainnya di atas 15.625 Hz untuk menghasilkan batang vertikal. Sinyal dimodifikasi menjadi pulsa durasi pendek yang diumpankan ke bagian video penerima bersama dengan rangkaian pulsa sinkronisasi untuk menghasilkan garis halus di layar.
    Output dari multi vibrator menghasilkan sinyal video gelombang persegi pada “m” kali horizontal frekuensi untuk memberikan blok vertikal dan batang putih. Setelah setiap siklus "m", pengosongan horizontal pulsa memicu multi vibrator untuk menyinkronkan sinyal batang pada setiap baris. Kita bisa memvariasikan jumlahnya batang oleh panel depan pattern generator dengan mengubah frekuensinya.
    Dengan cara yang sama, pulsa gelombang persegi yang berasal dari sumber listrik 50Hz atau dari osilator utama digunakan untuk memicu set vibrator multi lainnya untuk menghasilkan sinyal video gelombang persegi yaitu "n" kali frekuensi vertikal. Ketika ini diumpankan ke penguat video, mereka menghasilkan hitam horizontal dan batang putih. Tingkat peralihan multi vibrator dapat dikontrol oleh pengukur potensial yaitu, on panel depan. Ini mengontrol jumlah bilah horizontal hitam dan putih. Sinkronisasi dan pengosongan pulsa ditambahkan ke sinyal ini sebelum modulasi.
    Osilator master digunakan untuk menghasilkan pulsa dan generasi blanking dan gating. Sinkronisasi komposit. Sinyal diberikan ke sinyal vedio pola dan penambah sinkronisasi. Output dari vertikal dan
    generator batang horizontal menuju ke palka silang dan pattern generator papan periksa. Pola vedio sinyal diberikan ke penambah. Dari penambah ini, sinyal menuju ke modulator VHF.
    Modulasi amplitudo berlangsung selama output frekuensi pembawa tersedia dalam tinggi atau rendah level dari soket keluaran. Osilator master, sinkronisasi, generator, dan suplai generator blanking Pulsa blanking mendapatkan pulsa ke multi vibrator yang menghasilkan batang vertikal dan horizontal sinyal.

    BalasHapus
  32. Nama : Nadhiar Rizqa W.A.
    Kelas : 3C JTD / 17
    NIM : 1841160085

    Pattern Generator adalah alat ukur elektronik yang dapat menghasilkan pola (pattern) warna yang berguna dalam memproduksi / memperbaiki pesawat penerima televisi atau perangkat video tape recorders, sistem sirkit televisi tertutup (Closed Circuit Television Systems/CCTV) serta video monitor komputer. Pattern generator atau pembangkit pola menghasilkan sinyal audio dan video, langsung dan dengan modulasi RF sesuai yang digunakan pada televisi. Pattern generator dapat difungsikan untuk menandai frekuensi kanal, menguji dan memperbaiki penerima TV. Pattern Generator berisi dua stabil multivibrator dan rangkaian pembentuk gelombang, satu frekuensi di bawah 15625 Hz system PAL untuk menghasilkan serangkaian batang horisontal dan yang lain di atas 15625 Hz untuk menghasilkan batang vertikal. Sinyal dimodifikasi ke dalam pulsa durasi pendek diumpankan ke bagian video pesawat penerima panjangnya sama dengan rentetan pulsa sinkronisasi untuk menghasilkan garis halus pada layar. K eluaran multivibrator berupa sinyal video gelombang kotak dengan frekuensi kelipatan m dari frekuensi horisontal untuk menghasilkan balok vertikal dan batang putih. Setiap setelah siklus ke m pulsa trigger blanking horisontal multivibrator menyerempakkan sinyal batang pada setiap garis. Sistem generator pola video televisi terdiri dari keyboard untuk memasukkan lebar pulsa dan parameter waktu untuk kecepatan pemindaian video. Pemilih pola memilih pola tertentu yang ingin ditampilkan oleh operator pada layar video. Nilai yang dimasukkan disimpan dalam memori dan unit pemrosesan pusat memproses parameter yang dimasukkan dan menyebabkan generator horizontal dan vertikal menghasilkan sinyal pemindaian horizontal dan vertikal. Generator sinkronisasi menerima input dari generator horizontal dan vertikal dan menghasilkan kecepatan pemindaian. Generator pola menerima input dari generator sinkronisasi dan pemilih pola dan menghasilkan pola tampilan video sesuai dengan parameter pola yang dipilih dan parameter kecepatan pemindaian yang dipilih.

    BalasHapus
  33. Nama : Anggraeni Dwi Lestariningsih
    Kelas : 3C-JTD
    Nomor Absen : 03
    NIM : 1841160079

    Pattern Generator adalah alat ukur elektronik yang dapat menghasilkan pola (pattern) warna yang berguna dalam memproduksi/memperbaiki pesawat penerima televisi atau perangkat video tape recorders, sistem sirkuit televisi tertutup (Closed Circuit Television Systems/CCTV) serta video monitor komputer. Ada beberapa jenis generator sinyal video yang digunakan secara luas. Terlepas dari jenis spesifiknya, keluaran generator video umumnya akan berisi sinyal sinkronisasi yang sesuai untuk televisi, termasuk pulsa sinkronisasi horizontal dan vertikal (dalam analog) atau kata sinkronisasi (dalam digital). Generator sinyal video komposit (seperti NTSC dan PAL ) juga akan menyertakan sinyal colorburst sebagai bagian dari output. Generator sinyal video dikelompokkan berdasarkan fungsinya. Selain itu, mereka dapat diklasifikasikan menurut format video dan standar antarmuka yang mendukung satu generator dapat menghasilkan sinyal analog komposit (biasanya NTSC , PAL , atau keduanya), yang lain dapat menghasilkan CCIR 601 , dan yang ketiga dapat menghasilkan aliran MPEG melalui ASI . Banyak pabrikan menjual platform penghasil sinyal, yang dapat diisi dengan beberapa modul yang menyediakan kemampuan di atas (dan mendukung format yang berbeda). Banyak platform seperti itu juga menyertakan kemampuan pembuatan audio (seperti televisi menyertakan audio dan juga video), mendukung baik format audio yang disematkan atau audio yang berdiri sendiri.

    Secara blok diagram Pattern Generator berisi dua stabil multivibrator dan rangkaian pembentuk gelombang, satu frekuensi di bawah 15625 Hz system PAL untuk menghasilkan serangkaian batang horisontal dan yang lain di atas 15625 Hz untuk menghasilkan batang vertikal. Sinyal dimodifikasi ke dalam pulsa durasi pendek diumpankan ke bagian video pesawat penerima panjangnya sama dengan rentetan pulsa sinkronisasi untuk menghasilkan garis halus pada layar. Keluaran multivibrator berupa sinyal video gelombang kotak dengan frekuensi kelipatan m dari frekuensi horisontal untuk menghasilkan balok vertikal dan batang putih. Setiap setelah siklus ke m pulsa trigger blanking horizontal multivibrator menyerempakkan sinyal batang pada setiap garis. Jumlah batang dapat divariasi dengan mengubah frekuensi generator melalui pengaturan panel depan pattern generator. Dengan cara yang sama pulsa gelombang kotak yang diturunkan salah satu dari 50 Hz atau dari master osilator digunakan untuk pengaturan trigger yang lain dari multivibrator yang membangkitkan sinyal video yang mempunyai frekuensi kelipatan n dari frekuensi vertikal. Pada saat sinyal diumpankan pada penguat video menghasilkan batang hitam dan putih horizontal. Kecepatan pensaklaran multivibrator dapat dikontrol dengan mnggunakan potensiometer biasanya dipasang pada panel depan instrument.

    BalasHapus
  34. Nama : Elvira Rahayu
    Kelas : 3CJTD
    No absen / NIM : 08 / 1841160003
    Pattern Generator adalah alat ukur elektronik yang dapat menghasilkan pola(pattern) warna yang berguna dalam memproduksi/memperbaiki pesawatpenerima televisi atau perangkat video tape recorders, sistem sirkit televisitertutup (Closed Circuit Television Systems/CCTV) serta video monitorkomputer. Cara kerja dari Pattern Generator ini adalah sinyal dimodifikasi ke dalam pulsa durasi pendek lalu diumpankan ke bagian video pesawat penerima yang memiliki panjang sama dengan rentetan pulsa sinkronisasi untuk menghasilkan garis yang halus pada layar.
    Keluaran multivibrator berupa sinyal video gelombang kotak dengan frekuensi kelipatan dari frekuensi horizonal untuk menghasilkan balok vertikal dan batang putih. Jumlah batang dapat divariasi dengan mengubah frekuensi generator melalui pengaturan panel depan pattern generator. Dengan cara yang sama pulsa gelombang kotak yang diturunkan dari salah satu 50Hz atau dari master osilator digunakan untuk pengaturan trigger yang lain dari multivibrator yang membangkitkan sinyal video yang mempunyai frekuensi kelipatan dari frekuensi vertikal.
    Dari banyaknya pola gambar yang dihasilkan , ada beberapa yang digolongkan menurut kegunaannya contoh :
    1.Titik titik (Dot)
    Berfungsi untuk memeriksa konvergensi statis yang ada ditengah layar dengan kecerahan yang rendah. Aktivitas ini juga harus dikerjakan sesuai petunjuk dan keamanan
    2.Kotak kotak (crosshatch)
    Pola kotak dengan garis horizontal dan garis vertikal dengan warna latar belakang hitam dan putih yang digunakan untuk memeriksa dinamik horizontal dan vertikal konvergensi sudut, pemeriksaan pin-chusion penerima dan sebagainya.
    3.Putih (white)
    Warna putih ini terdiri dari 100 persen warna putih dengan burst secara bergantian.Fungsi dari warna putih ini antara lain untuk kecerahan konstan pada seluruh layar, penggunaan tabung gambar warna untuk pengaturan putih yang baik dan pembatasan dari arus tembakan pada tabung gambar.
    4.Balok Warna (Color)
    Balok warna disini terdiri dari 8 balok warna yang tersusun secara vertikal dan dibawahnya ada balok yang tersusun secara horizontal. Urutan warna yang tersusun secara vertikal dari kiri ke kanan adalah putih,kuning,cyan,hijau,magenta,merah,biru dan hitam.Pola ini berguna untuk menset kontrol operasi pesawat penerima agar pada posisi yang benar.Sementara pada balok yang tersusun secara horizontal digunakan sebagai standart saat mengatur amplitudo sinyal warna dengan sinyal luminan dalam tabung gambar.Selain itu bisa juga digunakan untuk pemeriksaan dan pengaturan pada penerima atau vcr , pemeriksaan pengunci burst , pemeriksaan AGC warna dan pemati warna , pemeriksaan rangkaian reaktansi dari regenerator subcarrier dan sebagainya.
    5.Sinyal sinkronisasi
    Yaitu sebuah sinyal yang selalu diberikan secara konstan yang berfungsi untuk mengendalikan jalannya scanning di setiap pesawat teleisi hingga pembentukan sinyal video menjadi gambar akan tetap dan susunannya sama dengan posisi semula, maka dari itu sinyal sinkronisasi selalu disertakan bersama dengan sinyal video kemanapun dikirimnya.

    BalasHapus
  35. Jihan Intan
    3C JTD 12
    1841160116

    Pattern generator adalah instrumen yang sangat berguna untuk penyelarasan yang benar dari sirkuit pengaturan waktu televisi.
    Pattern generator Standar CCIR ini akan menghasilkan garis (batang) horizontal dan vertikal pada layar TV yang memungkinkan Anda untuk menyelaraskan sirkuit sinkronisasi pemindaian vertikal dan horizontal pada receiver.
    Generator pola ini mengikuti standar CCIR dan menghasilkan sinyal RF dalam pita VHF. Ini TIDAK cocok untuk digunakan dengan televisi standar NTSC Amerika Utara.
    Rangkaian inverter ini menggunakan hex Schmitt IC CD40106 (IC1). Gerbang NOT N1 menghasilkan pulsa tersinkronisasi horizontal (Hsync) untuk sinyal video PAL. Preset VR1 dan VR2 digunakan untuk mengontrol durasi waktu 'on' dan 'off' dari osilator. Untuk PAL, Anda perlu menyesuaikan VR2 untuk durasi 'nonaktif' sebesar 4,7 μs, sedangkan VR1 perlu disesuaikan untuk durasi 'aktif' sekitar 60 μs. Jika garis vertikal muncul di layar TV saat menyambungkan output video dari rangkaian ke input video TV, bagian video perangkat TV berfungsi. Anda dapat mengontrol posisi awal garis menggunakan potmeter VR3, posisi akhir garis menggunakan potmeter VR4, dan lebar garis serta jumlah garis menggunakan potmeter VR5. Jika Anda tidak memiliki osiloskop, atur preset VR1 dan VR2 ke 150k dan 22k, masing-masing, untuk mendapatkan periode 'hidup' dan 'mati' yang diperlukan untuk osilator dan melihat pola garis vertikal di TV.
    Sudut fasa dari 3,58 Mhz sebagai pembawa pengganti (subcarrier) warna menentukan warna.
    Pergeseran fasa sampai 3600 akan menghasilkan warna-warna seperti warna pelangi.
    Titik jenuh (saturation) tidak menghidupkan satu warnapun, yang menentukan jumlah warna yang dapat dihasilkan adalah cahaya putih.
    Titik jenuh 100% adalah warna yang tidak ditambahkan dengan warna putih.
    Informasi dari titik jenuh berisikan amplitudo dengan frekuensi sebesar 3,58 MHz.
    Kombinasi dari warna dan titik jenuh disebut chroma.
    Titik jenuh ditandai dengan vektor yang memanjang, dan warna ditandai dengan sudut fasa dari vektor.

    BalasHapus
  36. Nama: Sandro Tri Alfian
    Kelas : 20_3C JTD
    Nim : 1841160015

    Pattern Generator adalah alat ukur elektronik yang dapat menghasilkan pola (pattern) warna yang berguna dalam memproduksi/memperbaiki pesawat penerima televisi atau perangkat video tape recorders, sistem sirkit televisi tertutup (Closed Circuit Television Systems/CCTV) serta video monitor komputer. Satu campuran sinyal gambar (composite video signal) bisa jadi digunakan sebagai input yang disuntikkan ke titik uji (test point) perangkat video yang tidak menggunakan frekuensi seperti monitor gambar, penguat pembagi gambar (video distribution amplifier), perangkat pemroses sinyal dan lain-lain.
    Suatu campuran sinyal gambar bisa jadi hanya disuntikkan ke titik uji pada pesawat penerima televisi setelah rangkaian detektor video, hanya disuntikkan pada video tape recorders atau perangkat lainnya. Informasi warna adalah campuran dari sebuah sinyal gambar yang terdiri dari tiga elemen yaitu : warna, kuat cahaya (luminance), dan titik jenuh (saturation). Kuat cahaya atau kecerahan cahaya (brightness) yang ditangkap oleh mata sebenarnya adalah amplitudo dari sinyal gambar. Kuning adalah warna cerah dan memiliki kuat cahaya pada level tinggi yang hampir mendekati kuat cahaya warna putih. Elemen warna dibagi dalam beberapa warna-warna, seperti merah, biru, hijau, dan lain-lain. Sudut fasa dari 3,58 Mhz sebagai pembawa pengganti (subcarrier) warna menentukan warna. Pergeseran fasa sampai 3600 akan menghasilkan warna-warna seperti warna pelangi. Titik jenuh (saturation) tidak menghidupkan satu warnapun, yang menentukan jumlah warna yang dapat dihasilkan adalah cahaya putih. Titik jenuh 100% adalah warna yang tidak ditambahkan dengan warna putih. Informasi dari titik jenuh berisikan amplitudo dengan frekuensi sebesar 3,58 MHz. Kombinasi dari warna dan titik jenuh disebut chroma. Titik jenuh ditandai dengan vektor yang memanjang, dan warna ditandai dengan sudut fasa dari vektor. Pengukuran dengan Vectorscope sangat membantu dalam menganalisa gangguan melalui pola warna yang ditampilkan oleh tabung gambar. RF Output dari Pattern Generator ini dapat digunakan untuk menguji penerima televisi (TV Receiver). I-F Output dari Pattern Generator ini dapat disuntikkan ke dalam bagian IF dari penerima televisi (television receiver) , perekam gambar (video tapes recorders) atau produk video lainnya yang menggunakan frekuensi tengah (IF Frequency) sebesar 45,75 MHz. Satu campuran sinyal gambar (composite video signal) bisa jadi digunakan sebagai input yang disuntikkan ke titik uji (test point) perangkat video yang tidak menggunakan frekuensi seperti monitor gambar, penguat pembagi gambar (video distribution amplifier), perangkat pemroses sinyal dan lain-lain.

    BalasHapus
  37. Nama : Annisa Alma Sofianti
    Kelas : 3C – JTD
    NIM : 1841160055
    No. Absen : 04

    Pattern Generator adalah alat ukur elektronik yang dapat menghasilkan pola (pattern) warna yang berguna dalam memproduksi/memperbaiki pesawat penerima televisi atau perangkat video tape recorders, sistem sirkit televisi tertutup (Closed Circuit Television Systems/CCTV) serta video monitor komputer. Ada beberapa bagian dan fungsinya antara lain : Power Indicator (Jika Pattern Generator dihidupkan, LED atau lampu indikator akan menyala). Saklar Power ON-OFF (Saklar untuk menghidupkan dan mematikan Pattern Generator).
    Prinp kerja Pattern Generator berisi dua stabil multivibrator dan rangkaian pembentuk gelombang, satu frekuensi di bawah 15625 Hz system PAL untuk menghasilkan serangkaian batang horisontal dan yang lain di atas 15625 Hz untuk menghasilkan batang vertikal. Sinyal dimodifikasi ke dalam pulsa durasi pendek diumpankan ke bagian video pesawat penerima panjangnya sama dengan rentetan pulsa sinkronisasi untuk menghasilkan garis halus pada layar. Keluaran multivibrator berupa sinyal video gelombang kotak dengan frekuensi kelipatan ‘m’ dari frekuensi horisontal untuk menghasilkan balok vertikal dan batang putih. Setiap setelah siklus ke ‘m’ pulsa trigger blanking horisontal multivibrator menyerempakkan sinyal batang pada setiap garis. Jumlah batang dapat divariasi dengan mengubah frekuensi generator melalui pengaturan panel depan. Elemen warna dibagi dalam beberapa warna-warna, seperti merah, biru, hijau, dan lain-lain.
    Dengan cara yang sama, pulsa gelombang persegi yang berasal dari sumber listrik 50Hz atau dari osilator utama digunakan untuk memicu set multi vibrator lainnya untuk menghasilkan sinyal video gelombang persegi yaitu ‘n’ kali frekuensi vertikal. Ketika ini diumpankan ke penguat video, menghasilkan hitam horizontal dan garis putih.

    BalasHapus
  38. Nama :Muhammad Naufal Apsara F
    Kelas :3CJTD
    Absen :16
    NIM :1841160058

    Pattern Generator adalah alat ukur elektronik yang dapat menghasilkan pola (pattern) warna yang berguna dalam memproduksi/memperbaiki pesawat penerima televisi atau perangkat video tape recorders, sistem sirkit televisi tertutup (Closed Circuit Television Systems/CCTV) serta video monitor komputer. Keluaran sinyal dirancang dalam bentuk Pola yang sederhanaTampilan kotak-kotak pada pattern generator dinamakan “cross hatch” dan merupakan patern yang paling penting, karena mempunyai banyak fungsi, yaitu untuk adjustment V Size, secara vertical harus nampak 13 kotak lebih, V Lin, dimana ukuran kotak2 bagian bawah harus sama dengan kotak2 bagian atas layer; V SC, dimana ukuran kotak2 bagian tengah harus sama dengan kotak2 bagian atas/bawah; Konvergen, garis2 vertikal dan horisontal pada bagian tengah layar maupun bagian pinggir2 layar harus berwarna putih. Jika konvergen tidak benar maka garis2 putih akan pecah menjadi 2 atau tiga warna RGB; Untuk cek apakah def yoke sudah lurus.Untuk mengetahui apakah def yoke pengganti yang dipasang cocok. Jika def yoke pengganti tidak cocok dengan CRT maka garis2 putih vertikal maupun horisontal pada bagian pinggir2 akan pecah menjadi 3 warna RGB; H size, secara horizontal harus Nampak 17 kotak lebih.H Lin, yaitu ukuran kotak bagian kiri-kanan layar harus sama. informasi warna adalah campuran dari sebuah sinyal gambar yang terdiri dari tiga elemen yaitu : warna, kuat cahaya (luminance), dan titik jenuh (saturation).
    Kuat cahaya atau kecerahan cahaya (brightness) yang ditangkap oleh mata sebenarnya adalah amplitudo dari sinyal gambar

    BalasHapus
  39. Nama : Fadila Larasati
    Kelas : JTD 3A
    Absen : 10
    NIM : 1841160066
    Video 3 : 1964 B&K Model 1240 Test Pattern Generator Demonstration

    Berdasarkan video ke-3 tentang 1964 B&K Model 1240 Test Pattern Generator Demonstration, dijelaskan tentang pengujian pattern generator B&K. Disini terdapat kapasitor electrolytic baru di dalamnya. Ada 2 di sisi atas, kemudian ada 4 kapasitor di sisi bagian bawah. Ada yang dipasang ke strip terminal di sepanjang resistor yang selanjutnya dihubungkan ke dioda 4007. Kemudian dari rangkaian ini dihubungkan ke TV berwarna Zenith sehingga kita dapat melakukan test untuk performanya. Pertama kita hubungkan dengan daya, dan dapat kita lihat sepertinya kita sekarang punya titik-titik. Tidak masalah jika ada bar yang bergerak vertikal karena itu dari kamera dan tidak berpengaruh dalam gambar aktual dan aktual di TV. Sekarang. Ada pola garis silang. Untuk beberapa alasan. Sepertinya ada sedikit bayangan bayangan di sebelah baris utama. Telah dilakukan penyesuaian ini, tetapi ghost image tetap tidak bisa hilang, namun itu tidak masalah karena polanya yang sudah cukup baik. Untuk konvergensi selanjutnya ada garis horizontal, garis vertikal dan color bar. Disini terdapat kontrol amplitudo chroma dan harus menggunakan beberapa jenis sistem pembagi dimana terdapat tabung osilator master yang dikendalikan oleh Crystal. Lalu pulsa hanya terbagi saat mereka turun ke rantai tabung triode. Disini juga terdapat papan modulator RF. Selanjutnya output akan keluar di Channel 3. Ada bilah warna yang jika kita mengubah amplitudo warna kita akan mendapatkan sedikit artefak kamera di bilah itu. Kita juga dapat menyetel shutter speed pada kamera. Demikianlah video demonstrasi Test Pattern Generator pada 1964 B&K Model 1240.

    BalasHapus

TV WARNA 2